Polip Yang Ada Pada Hidung

142 views
Dok saya mau tanya dong, saya pernah periksa ke dokter tht. Dokter tht bilang saya terkena peradangan hidung. Dokter tht nya bilang kalo saya mau sembuh harus banyak olahraga, kalo saya tidak olahraga saya akan dioperasi. Gejala yg saya alami pilek dalam waktu yg lama bisa sampai seminggu lebih atau 2minggu. Bersin dan ada rasa tidak enak ditenggorokan. Awal pileknya biasa lama2 pileknya mengental dan berbau. Kira2 saya benar tidak dok terkena polip. Kalau benar selain operasi bisa disembuhkan dengan apa dok?

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Polip nasi atau polip hidung adalah kelainan selaput permukaan hidung berupa massa lunak yang bertangkai, berbentuk bulat atau lonjong, berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan licin dan agak bening karena mengandung banyak cairan.

Kelainan pada hidung biasanya timbul karena manifestasi dari penyakit yang lain dan tidak berdiri sendiri, penyakit ini sering dihubungkan dengan astma, rhinitis alergika, dan sinusitis, di luar negeri sendiri penyakit ini sering dihubungkan dengan seringnya penggunaan aspirin.

Pengobatannya berupa terapi obat-obatan dan operasi. Terapi medikamentosa ditujukan pada polip yang masih kecil yaitu pemberian kortikosteroid sistemik yang diberikan dalam jangka waktu singkat, dapat juga diberiksan kortikosteroid hidung atau kombinasi keduanya. Tindakan pengangkatan polip dapat digunakan menggunakan senar polip dan anestesi lokal. Untuk polip yang besar dan menyebabkan kelainan pada hidung, memerlukan jenis operasi yang lebih besar dan anestesi umum.

Untuk penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi penyakit Anda, kami anjurkan Anda memeriksakan diri langsung kepada dokter spesialis THT terdekat.

Semoga informasi ini membantu.

 

Salam


dr. Kartika Mayasari

dr. Kartika Mayasari

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media