Keluar cairan bening dari hidung disertai sakit kepala

146 views
Selamat pagi bpk/ibu dokter Saya adis tya 26tahun Ibu rumah tangga dengan dua anak balita Beberapa bulan ini hidung saya sering mengeluarkan cairan bening (bkn ingus) beberapa tetes tp sering terjadi disertai rasa panas dikepala (seperti saat tersedak soda) Bahkan saat tidak menundukpun cairan ini keluar Saya baca2 artikel di google ada yg bilang kebocoran cairan otak Apa bahanyanya sampai seperti itu Soalnya saya tidak sedang flu saat hidung keluar cairan Bagaimana cara menyembuhkannya Mohon bantuan info dan penjelasannya Matur Nuwun Terima Kasih

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Cairan yang keluar dari hidung dalam dunia kedokteran disebut sebagai rinorea. Penyebabnya bisa macam-macam. Umumnya dapat disebabkan karena adanya alergi, infeksi baik bakteri, virus, jamur ( common cold /batuk pilek, influenza, sinusitis). Cairan hidung bening dan cair yang keluar terutama di saat pagi hari ataupun berada dekat dengan debu dan disertai dengan bersin-bersin, seringkali disebabkan karena alergi. Namun, jika berwarna dan konsistensi tebal cenderung disebabkan karena adanya infeksi (influenza, sinusitis). Selain itu, cairan yang keluar dari hidung juga dapat merupakan gejala dari deviasi septum (miringnya pembatas tulang di dalam hidung). 

Selain itu rinorea juga bisa berasal dari cairan cerebrovaskular dari otak yang keluar melalui hidung. Cairan otak yang keluar dari hidung bisa terjadi jika ada riwayat trauma/cedera kepala yang menyebabkan patah tulang tengkorak. Namun, cairan otak bisa juga keluar karena ada penyebab lain seperti tumor, penipisan tulang dasar tengkorak (akibat osteitis/osteomielitis)

Cairan dari hidung perlu dicurigai berbahaya dan membutuhkan penanganan segera jika Anda mengalami trauma pada kepala sebelumnya, atau fraktur /patah tulang tengkorak. Untuk mengetahui penyebab jelasnya, Anda dapat melakukan pemeriksaan rongga hidung dengan dokter spesialis THT.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, RF


dr. Reza Fahlevi

dr. Reza Fahlevi

Redaksi Medis

Kedokteran Umum

KlikDokter.com

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

Health Tools

Rubrik Spesialis

©2008-2016 Klikdokter. All rights reserved. Klikdokter does not provide medical advice, diagnosis or treatment. See additional information.

social media