Sukses

Anak Usia 11 Tahun Masih Mengompol

13 May 2022, 23:04 WIB
Wanita, 35 tahun.

Sebelumnya sy ucapkan terima kasih atas waktu & kesempatan yg diberikan utk bertanya, anak sy usia 11 tahun kenapa masih mengompol ya dokter? pdhl sblm tidak, tidur siang pun jg sering mengompol, pdhl sblm tidur selalu sy ingatkan utk buang air kecil dl, udah hampir 1 bulan ini dia sering mengompol, mohon arahannya ya dokter, trima kasih sblmnya

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui Klikdokter 

 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini, kondisi yang anak Ibu alami bisa akibat beberapa faktor, antara lain: 

Keturunan. Faktor keturunan dapat menjadi penyebab seorang anak remaja ngompol (pada enuresis primer). Sebuah studi menemukan, jika kedua orang tua memiliki riwayat mengompol, maka kemungkinan anaknya mengompol mencapai 77 persen. 

Gangguan hormonal. Penyebab lain anak remaja masih ngompol adalah gangguan hormonal. Suatu hormon yang disebut hormon antidiuretik (ADH) dapat mengakibatkan produksi urine menjadi lebih sedikit pada malam hari.

Namun, pada beberapa kasus, tubuh anak tidak membuat cukup ADH. Artinya, tubuh mereka dapat menghasilkan terlalu banyak urine saat sedang tidur. 

Masalah kandung kemih. Pada beberapa anak dengan enuresis, terlalu banyak kejang otot dapat mencegah kandung kemih untuk mempertahankan jumlah normal urine. Beberapa remaja dan orang dewasa juga memiliki kandung kemih yang relatif kecil, sehingga tidak bisa menahan jumlah urine yang besar.

Adanya masalah kesehatan lain, seperti infeksi saluran kemih, diabetes, dan kelainan struktur saluran kemih, juga bisa menyebabkan keluhan mengompol pada remaja.

Gangguan tidur. Gangguan tidur bisa menjadi salah satu penyebab anak remaja ngompol. Beberapa anak mungkin tidur begitu nyenyak dan dalam, sehingga mereka tidak bangun ketika kandung kemih sudah penuh dan harus buang air kecil.

Pola tidur yang berantakan juga bisa menyebabkan remaja mengompol. Hal ini dapat membuat kerja otak dan kandung kemih kurang selaras. 

Stres. Stres bisa menjadi penyebab tersering anak remaja ngompol. Misalnya karena ada masalah di sekolah, masalah dengan keluarga, ataupun masalah lainnya yang mengganggu pikiran. Karena stres yang dihadapi, mereka jadi sulit untuk mengontrol keinginan buang air kecil. 

 

Untuk memastikan apa yang menjadi penyebab dari keluhan Anak Ibu perlu diperiksa lebih lanjut secara langsung. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar