Sukses

Sakit Gigi padahal Tidak Berlubang dan sudah Minum Obat

21 Jan 2022, 23:39 WIB
Pria, 44 tahun.

gigi sakit sekali padahal tidak berlubang, sudah di kasih ponstan dan antibiotik tetap sakit, kenapa ya dok?

Terimakasih telah bertanya tentang sakit gigi padahal tidak berlubang dan sudah minum obat melalui fitur Tanya Dokter.

Sakit gigi memang dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:    

- Sakit gigi karena sensitifitas terkena rangsang panas/dingin sesaat. Jika sakit hanya sesaat maka bukan berarti gejala sesuatu yang serius, misalkan lubang gigi kecil, tambalan yang rusak, penurunan gusi sehingga permukaan akar gigi sedikit terbuka.

- Sakit gigi karena sensitif terhadap rangsang panas dingin setelah perawatan tambal gigi. Kemungkinan tindakan penambalan gigi telah meng-inflamasi pulpa sehingga menyebabkan sensitifitas sementara.

- Rasa sakit gigi yang bersifat tumpul dan rasa tertekan pada gigi atas dan rahang, bisa jadi disebabkan karena kebiasaan menggeretakkan gigi atau bruxism.

- Rasa sakit yang bertambah pada malam hari saat posisi badan berbaring.

- Sakit gigi berdenyut dan terus menerus, terjadi pembengkakan gusi, dan sakit saat disentuh. Kemungkinan anda mengalami abses gigi sehingga menyebabkan infeksi.

- Sakit gigi akibat pembengkakan pada jaringan di sekeliling gigi dan tulang alveolar.Sakit gigi yang menyebabkan demam atau sakit kepala.

- Rasa sakit gigi akibat pengeluaran cairan/nanah pada gigi yang terinfeksi.

- Sakit gigi yang tajam menusuk bisa jadi anda mengalami gigi sensitive akibat penurunan gusi atau karena penipisan enamel gigi.

- Sakit gigi yang tajam ketika menggigit makanan. Kemungkinan anda mengalami beberapa penyebab yaitu gigi berlubang, tambalan yang rusak, gigi yang retak, atau kerusakan padajaringan saraf di dalam gigi.

- Sakit gigi akibat infeksi sinus. Jika anda mengalami sakit gigi pada rahang atas di kedua sisi wajah, mungkin anda mengalami radang sinus. Biasanya timbul menyertai gejala hidung tersumbat, radang sinus.

- Sakit gigi pada sendi rahang. Biasanya disebabkan oleh gangguan sendi rahang akibat cedera atau trauma pada rahang, seperti menggeretakkan gigi(bruxism), radang sendi(arthritis), kanker rahang.

- Sakit gigi akibat gigi geraham bungsu yang tumbuh terhalang.

Untuk mencari tahu penyebab rasa sakit gigi anda sebaiknya periksakan ke dokter gigi. Biasanya dokter gigi akan menyarankan untuk lakukan rontgen foto, supaya terlihat kondisi bagian dalam gigi. Gunanya supaya segera dapat ditegakkan diagnosa  penyebabnya hingga dapat segera dilakukan perawatan yang tepat.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda:

Gigi Mendadak Sakit padahal Tidak Bolong, Kenapa ya?

Gigi Sakit dan Ngilu? Mungkin Gigi Anda Retak

Lebih Sering daripada Pria, Ini Penyebab Sakit Gigi pada Wanita

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai sakit gigi padahal tidak berlubang dan sudah minum obat, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar