Sukses

Seputar Diabetes dan Kolesterol

20 Jan 2022, 11:30 WIB
Wanita, 25 tahun.

Apa saja gejala diabetes dan kolesterol Apakah jika orang mengalami gejala tsb sudah pasti diabetes..lalu bisakah mengatasi diabetes tanpa obat?apa benar orang diabetes mengalami penurunan nafsu makan?dan apa boleh orang diabetes minum obat penambah nafsu makan? terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang gejala diabetes melalui fitur Tanya Dokter.

Kecurigaan adanya Diabetes Melitus (DM) dipikirkan apabila terdapat keluhan klasik DM yaitu 3P (poliuri, polidipsi, polifagi), dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sebabnya. Poliuri adalah sering berkemih terutama waktu istirahat (malam hari) yaitu 3-5 kali sehari, polidipsi adalah rasa haus terus mmeenerus, polifagi adalah makan yang berlebihan. Keluhan lain dapat berupa kesemutan, lemah badan, gatal pada kulit, mata kabur, gatal pada alat kelamin pada wanita.

Gejala diabetes tidak selalu muncul, untuk penegakan diagnosis maka dikonfirmasi dengan pemeriksaan gula darah agar dapat dilakukan tatalaksana selanjutnya.

Terapi diabetes membutuhkan obat-obatan dan memperbaiki gaya hidup. Obat-obatan yang digunakan membantu mengontrol kadar gula darah dan membantu mencegah komplikasi dari diabetes di kemudian hari.

Penurunan nafsu makan pada penderita diabetes banyak sebabnya, bisa karena infeksi, komplikasi diabetes pada lambung yaitu gastroparesis, hingga stress psikologis. Sebaiknya dicari tahu dahulu penyebabnya. Penambahan suplemen bisa dikonsultasikan dengan dokter yang menangani mengingat penyebab dan kondisi penderita diabetes bisa berbeda-beda. 

Peningkatan kadar kolesterol seringkali tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, beberapa gejala yang sering disampaikan misalnya sakit kepala, pundak terasa berat.

Demikian yang bisa kami sampaikan

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar