Sukses

Penanganan Eksim pada Kulit

01 Dec 2021, 07:54 WIB
Pria, 19 tahun.

halo dok, untuk penderita eksim basah yg keluar cairan kuning baiknya pakai salep non-steroid apa ya? apakah salep Wilfordii Ointment aman? dan apakah salep kortikosteroid utk eksim dpt menyebabkan glaukoma walau gk dipake di mata?

Terima kasih telah bertanya seputar eksim melalui Tanya Dokter.

Penyakit eksim memang sulit dan membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Cara terbaik untuk menghindari eksim kambuh kembali adalah mengenali faktor pencetus apa yang dapat membuat eksim Anda kambuh kembali (detergen, pelembab, atau stres) dan sebisa mungkin hindari pencetus tersebut. Langkah selanjutnya adalah mencegah kulit kering dengan menggunakan sabun bayi dan mengoleskan pelembab pada kulit, hindari sepatu atau kaus kaki yang meningkatkan kelembaban pada kulit (hindari berkeringat banyak pada kaki) , dan hindari menggaruk.

Apabila memang alergen sulit untuk dihindari maka dapat dioleskan salep kortikosteroid lemah. Ingatlah untuk mengoleskannya hanya ketika eksim sedang kambuh. Hindari stres, makan bergizi, dan beristirahat teratur. Kortikosteroid topikal apabila digunakan dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan penipisan kulit, hipopigmentasi, dan jerawat. Efek sistemiknya adalah supresi pertumbuhan dan supresi adrenal.Pemberian obat -obatan pendamping dilihat dari apakah ada gejala atau keluhan lainnya yang mengganggu pada pasien.

Untuk meminimalisasi risiko tersebut, maka sebaiknya krim kortikosteroid hanya dioleskan pada daerah eksim selama 2-3 minggu, 1x/hari, digunakan di sore hari, dan mengoleskan pelembab pada eksim apabila tidak menggunakan krim tersebut. Untuk daerah kelamin, sebaiknya Anda hanya mengoleskan pelembab dan hindari pencetus gatal yang ada.Hindari untuk menggaruk bagian yg gatal.

Apabila gejala terus berlanjut maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dievaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi tentang pengobatan penyakit eksim, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar