Sukses

Cara Memutihkan Gigi Kuning Akibat Antibiotik

28 Nov 2021, 12:26 WIB
Wanita, 15 tahun.

halo dok, maaf menggangu. gigi saya waktu kecil putih, namun sejak gigi permanen mulai tumbuh, tumbuhnya menjadi warna kuning. katanya karena kebanyak konsumsi antibiotik waktu kecil, karena saya dulu pernah kanker. jadi gimana ya dok cara memutihkannya? gosok gigi berulang kalipun nggak ada perubahan. tolong sarannya dok, terima kasih.

Terimakasih telah bertanya seputar cara memutihkan gigi kuning akibat antibiotik melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin menjelaskan sedikit mengenai kondisi gigi anda. Warna gigi permanen memang putih kekuningan, sedangkan gigi susu warnanya putih susu. Namun dengan pernah mengkonsumsi antibiotik jangka panjang terutama yang mengandung tetracyclin maka bisa membuat warna gigi gelap atau keabuan. Untuk mengatasinya bisa melakukan tindakan memutihkan gigi atau bleaching gigi di dokter gigi.

Memutihkan gigi sebaiknya dilakukan setelah berkonsultasi dahulu ke dokter gigi guna mengetahui perubahan warna yang terjadi disebabkan oleh apa dan penanganannya yang tepat. Memang ada bahan-bahan pemutih gigi yang beredar di pasaran dan dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter, namun konsumen sebaiknya terlebih dahulu mendapatkan informasi secara lengkap mengenai indikasi dan macam bahan pemutih gigi serta efek samping yang mungkin akan dialami pasien. Untuk memastikan apakah produk yang Anda pakai aman untuk Anda atau tidak diperlukan informasi lebih mengenai kandungannya dan juga pemeriksaan langsung terhadap gigi Anda.

Perubahan warna gigi ada yang intrinsik (dari dalam tubuh) dan ekstrinsik (dari faktor di luar tubuh). Makanan dan minuman seperti kopi, teh, wine serta kebiasaan  merokok dapat meyebabkan perubahan warna pada gigi, konsumsi obat antibiotik jenis tetrasiklin pada masa kanak-kanak atau pada ibu hamil juga menyebabkan terdapatnya perubahan warna yang cukup berat pada gigi. Perlu dipastikan terlebih dulu apa yang menyebabkan gigi Anda berubah warna, baru dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat untuk memutihkan gigi Anda.

Kami sarankan untuk berdiskusi dengan dokter gigi anda mengenai rencana perawatan yang tepat untuk memutihkan gigi Anda dan juga prediksi hasil proses memutihkan gigi, karena setiap gigi bisa menampakkan hasil yang berbeda-beda. Tergantung dari kondisi warna gigi awal.

Baca artikel berikut terkait perawatan anda :

Penyebab Gigi Berwarna Abu-abu

Penyebab Gigi Kuning yang Mungkin Belum Anda Ketahui

A-Z bleaching

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cara memutihkan gigi kuning akibat antibiotik, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar