Sukses

Nyeri Pada Payudara

27 Nov 2021, 23:11 WIB
Wanita, 24 tahun.

Halo dokter, Akhir2 ini, saya merasakan nyeri pada payudara bagian atas. rasanya seperti ditusuk-tusuk dan disertai sensasi panas. hal ini bermula setelah payudara saya terbentur siku orang lain, kurang lebih 6 bulan yg lalu.. rasa sakitnya hilang dan muncul tanpa bisa diprediksi.. Awalnya sakit hanya pada bagian yg terbentur, kemudian akhir2 ini nyeri & sensasi panas berpindah2 tidak hanya pada 1 titik, bahkan yg awalnya hanya di payudara kanan sekarang bisa sakit pada payudara kiri. rasa sakit juga muncul saat area yg terbentur ditekan atau dipegang, tertekan bahkan saat bangun tidur. saat saya cek memang terasa seperti ada benjolan tetapi ada pada payudara kanan dan kiri letaknya pun sama. apa langkah terbaik untuk rasa sakit saya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi di Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Apakah teraba benjolan pada payudara? Kira-kira berapa ukurannya? Apakah dari waktu kewaktu semakin membesar? Apakah ada gejala lain seperti kulit payudara kemerahan, bengkak, nyeri saat disentuh, demam, payudara teraba panas?

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit. 

Selain gangguan di atas, menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai.

Untuk dapat memastikan keluhan Anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit Anda. Terlebih jika teraba benjolan, dokter perlu melakukan pemeriksaan langsung untuk mengetahui bagaimana bentuk, konsistensi benjolannya. Dan juga bisa dianjurkan untuk pemeriksaan lanjutan seperti USG payudara. Jadi kami sarankan agar berkonsultasi ke dokter bedah untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. 

 Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar