Sukses

Kadar Trigliserida Tinggi, Ini Cara Atasinya

27 Nov 2021, 23:11 WIB
Wanita, 41 tahun.

mohon info utk kesehatan saya.. kemarin saya ngecek darah di apotik viva generik hasilnya: gula darah : 113 asam urat : 6,1 kolesterol : 188 Trigliserid : 563 badan rasanya kaku semua apa yg harus saya lakukan dok... apakah berbahaya buat kesehatan sy dengan TG sy yg sangat tinggi? trima kasih .. salam sehat

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Secara umum kadar gula darah masih dalam batas normal, untuk kadar gula darah sewaktu normalnya dibawah 200. Untuk asam urat, ada peningkatan sedikit. Normalnya untuk wanita 2-6. Untuk kolesterol total dalam batas normal (dibawah 200).

Kadar trigliserida yang termasuk tinggi berada di angka 200 hingga 499 mg/dL. Kadar normal trigliserida adalah di bawah 150 dengan batas tinggi di antara 150-199 mg/dL. Kadar di atas 500 termasuk sangat tinggi dengan kadar yang di atas 1000 mg/dL dapat menyebabkan pankreatitis akut. Kadar trigliserdia yang tinggi dapat meningkatkan risiko mengalami sindrom metabolik maupun penyakit jantung.

Untuk mendapatkan kadar trigliserida dan profil lemak lainnya, Anda diharapkan untuk berpuasa 9-12 jam sebelum pemeriksaan. Selain trigliserida, biasanya pemeriksaan kolesterol total, kolesterol baik HDL, dan kolesterol jahat LDL juga diperiksa bersamaan.

Lakukan beberapa hal ini untuk menghindari dampak trigliserida tinggi: 

Olahraga Teratur

Hal utama untuk mengurangi kadar trigliserida adalah melakukan perubahan hidup. Salah satu aspek pentingnya adalah berolahraga secara teratur. Jenis olahraga aerobik baik dilakukan, seperti berjalan, bersepeda, atau berenang dengan minimal 30 menit lima kali per minggu.

Kembali ke Pola Makan Sehat

Karbohidrat sederhana, seperti gula dan makanan yang dibuat dengan tepung olahan atau fruktosa,  dapat meningkatkan trigliserida. Karena itu, batasilah mengonsumsinya.Kembalilah ke pola makan sehat dengan mengonsumsi lebih banyak asupan berserat, seperti sayuran dan buah-buahan. Serat dapat menurunkan penyerapan lemak dan gula pada usus halus sehingga akan menurunkan jumlah trigliserida yang ada di dalam darah.

Menurunkan Berat Badan

Jika Anda memiliki hipertrigliseridemia ringan hingga sedang, fokuslah untuk mengurangi kalori. Kalori ekstra dikonversi menjadi trigliserida dan disimpan sebagai lemak cadangan tubuh. Mengurangi asupan kalori akan mengurangi kadar trigliserida. Memangkas bobot tubuh dapat dilakukan dengan mengatur pola makan dengan sehat dan melakukan olahraga yang benar dan teratur. 

Pilih Jenis Lemak yang Lebih Sehat

Tukar lemak jenuh yang terkandung dalam daging merah, dengan lemak sehat yang dari sumber nabati seperti minyak zaitun dan minyak kanola. Selain itu, pilih ikan dengan asam lemak omega-3 yang tinggi seperti makerel atau salmon. Hindari makanan yang mengandung lemak trans  (gorengan atau makanan yang dipanggang) dan lemak tak jenuh (minyak terhidrogenasi, mentega, daging olahan, dan lain-lain). 

Batasi Konsumsi Alkohol

Alkohol tinggi kalori dan gula dan memiliki efek yang sangat kuat pada trigliserida. Jika Anda memiliki hipertrigliseridemia berat, hindari minum alkohol karena akan memperberat risiko terjadinya peradangan pada pembuluh darah. Selain itu, kalau Anda adalah perokok aktif, hentikan kebiasaan itu saat ini juga. Mulailah kebiasaan baik hari ini.

Jangan Minum Sembarang Obat dan Diet Tidak Sehat

Beberapa obat memang dapat menurunkan kadar trigliserida. Akan tetapi, jangan mengonsumsinya tanpa anjuran dokter. Selain itu, hindari juga melakukan diet yang tidak sehat karena dapat berbahaya bagi kesehatan.

Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan bacaan lain Anda. 

 

Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar