Sukses

Kesulitan Konsentrasi

15 Nov 2021, 21:00 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo, Dok. Mau tanya, saya memiliki kesulitan konsentrasi dan membaca yang baru saya sadari di bangku SMP. When reading something, I have to re-read a paragraph over and over again to actually grasp what I've been reading. I could spend hours in front of my laptop, my study materials, and not making any progress because I have difficulties in concentrating/to start reading. That's why studying is really hard for me. I am also easily distracted when attending lectures. I also forget where I put my stuffs a lot. I would say, all of these things happen everyday. Could it be a sign of ADHD? Terima kasih, Dok :)

Halo

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Halo, keluhan  Anda mengenai sulit konsentrasi. Apakah kegiatan Anda sehari-hari? Apakah Anda cukup istirahat? Jika dirasa sulit fokus saat belajar dengan membaca, apakah sudah dicoba cara lain? Misalnya belajar dengan mendengarkan rekaman?

Sulit konsentrasi dan sulit mengingat dapat disebabkan oleh kelelahan, asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah.

Anda dapat mencoba mengurangi aktivitas agar tidak berlebihan, istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu). Suplemen yang dasar dapat dikonsumsi, namun asupan nutrisi yang bergizi kaya buah dan sayur akan lebih baik. 

Berikut ini adalah tips-tips agar tidak mudah lupa dan meningkatkan daya ingat serta konsentrasi:

  • Coba latih otak Anda tetap aktif dengan melakukan latihan yang mengasah otak seperti mengisi teka-teki silang, bermain scrable, puzzle, menulis, berlatih musik, dll.
  • Latihan mengingat. Cobalah ingat dan sebutkan beberapa kali nama orang setelah perkenalan atau cobalah mengingat angka.
  • Fokuskan perhatian. Terlalu banyak yang dipikirkan atau melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu (multi-tasking) dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi dan tidak fokus. Cobalah fokus dan kerjakan satu persatu untuk mendapatkan hasil maksimal.
  • Makan makanan yang tinggi antioksidan, zat besi, dan rendah lemak. Kekurangan zat besi/ anemia defisiensi besi dapat menyebabkan penurunan kognitif /kecerdasan. Namun konsumsi zat besi harus hati-hati, jika kelebihan justru akan meningkatkan risiko alzheimer's.
  • Olahraga teratur 3x/minggu selama minimal 30 menit setiap sesinya. Olahraga dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh jaringan tubuh, termasuk otak.
  • Istriahat cukup. Saat tidur, terjadi proses konsolidasi memori pada otak. Kurang tidur akan menyebabkan gangguan memori dan kehilangan konsentrasi.
  • Hindari stres. Stres dapat mengganggu proses pembentukan memori.
  • Berhenti merokok! Rokok dapat meningkatkan risiko demensia dan penyakit berbahaya lainnya.
  • Buatlah agenda yang berisi jadwal/janji penting dan apa saja yang akan Anda lakukan (to do list) agar Anda tidak lupa.

 

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar