Sukses

Testis Anak Belum Turun

08 Nov 2021, 12:16 WIB
Wanita, 30 tahun.

Selamat sore dokter. Saya mau tanya kenapa testis ank saya tidak turun padahal umurnya sudah 6 bulan, apakah ini bahaya dok dan penanganan nya gimana. Mohon penjelasannya dok makasih

Terima kasih telah menanyakan tentang testis belum turun melalui fitur Tanya Dokter.

Ada kondisi di mana testis belum ada di tempatnya (skrotum); namun berada di rongga abdomen, dapat didiagnosis sebagai cryptorchidism/undesensus testes atau retraktil testis. Sangat sulit membedakan retraktil testis dengan undesensus testes secara klinis. Pada bayi laki-laki, testis biasanya turun sebelum usia 3 bulan.

Retraktil testis terjadi karena terjadi respon refleks berlebihan yang menyebabkan testis tidak berada di tempatnya. Pada retraktil testis tidak diperlukan tindakan pembedahan karena keluhan akan hilang dengan sendirinya pada saat pasien menginjak masa pubertas atau dengan manipulasi agar testis turun ke dalam skrotum.

Cryptorchidism/undesensus testes dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormonal pada bayi. Selain itu, kelainan genetik seperti Sindrom Klinifelter juga dapat memicu terjadinya undesensus testes. Namun, kebanyakan penyebabnya tidak diketahui.\

Pada cryptorchidism/undesensus testes, testis akan turun dengan sendirinya pada usia di bawah 1 tahun, namun jika setelah 1 tahun testis tidak turun maka diperlukan penanganan terapi hormon atau pembedahan. Pada kasus anak Anda, masih dapat ditunggu hingga 1 tahun untuk memberi kesempatan testis turun dengan sendirinya.

Jika tidak segera didiagnosis dan dilakukan penanganan yang tepat, baik retraktil testis maupun cryptorchidism/undesensus testes dapat menyebabkan timbulnya infertilitas dan keganasan dalam perkembangannya. Kami anjurkan Anda untuk membawa anak Anda ke dokter jika memang membutuhkan penjelasan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang testis belum turun,semoga bermanfaat!

0 Komentar

Belum ada komentar