Sukses

Obat untuk gigi anak patah dan sakit

28 Oct 2021, 01:02 WIB
Wanita, 38 tahun.

Gigi anak sy 3hari yang lalu terbentur keras ke lutut sy waktu sedang bermain dan mengakibatkan gigi depannya patah (sebelah kanan), lutut sy pun luka cukup dalam,,, anak sy berusia 2tahun 7Bulan, sejak terbentur anak sy tidak bisa menggunakan botol susu untuk minum susu, dan harus menggunakan gelas, kalau di beri makanan pun mengeluh sakit dan menangis,,, sedangkan sy tidak diijinkan untuk melihat gigi ny,,, apabila dy mau memasukan makanan ke mulut nya, anak sy akan menaruh ny gigi sebelah kiri,,, obat apa yang harus sy beri untuk mengurangi rasa nyeri yg mungkin dialaminya?

Terimakasih telah bertanya tentang Obat untuk gigi anak patah dan sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Pada anak memang sering terjadi kasus seperti ini, gigi anak terkena benturan keras/trauma, kadang bisa  menyebabkan gigi goyang, patah maupun lepas. Dalam kasus anda akan lebih baik apabila anda bisa mengecek dan memegang apakah giginya yg patah, goyang atau tidak. Jika tidak goyang maka anda bisa memberikan obat sirup pereda nyeri yang mengandung paracetamol atau ibuprofen, biasanya dijual bebas di apotik.

Namun jika ternyata gigi goyang atau otek, anda perlu memonitornya selama 3 hari sambil memberikan obat sirup tersebut. Jika masih goyang dan rasa sakit yang ditandai dia tidak mau menggigit dengan gigi kanan, maka segera periksakan ke dokter gigi. 

Periksa juga apa terdapat gusi yang berwarna ungu kehitaman. Karena merupakan reaksi memar akibat kena benturan, yang lama kelamaan akan diserap oleh tubuh. Yang perlu diperhatikan saat memonitor keadaan gigi anda adalah apakah giginya berubah warna menjadi coklat atau keabu-abuan. Jika berubah warna dan anakpun sudah tenang, sebaiknya periksakan ke klinik atau rumah sakit agar dapat diperiksa secara langsung oleh dokter gigi.

Warna gigi yang berubah kecoklatan adalah salah satu tanda gigi sudah non vital, dan pembengkakan gusi di daerah akar juga adalah akibat infeksi dan inflamasi setelah trauma benturan tersebut. Kalau sudah begitu, gigi harus dilakukan perawatan saraf gigi.

 

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda:

- Gigi Anak Copot karena Terbentur, Apa yang Harus Dilakukan?

Gigi Si Kecil Patah, Harus Bagaimana?

Anak Mengeluh Sakit Gigi? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai Obat untuk gigi anak patah dan sakit, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar