Sukses

Seputar ISK

18 Oct 2021, 22:52 WIB
Wanita, 36 tahun.

Bermula dari saya sakit infeksi saluran kemih.sudah ke 2 dokter dikasih antibiotik tapi ga sembuh malah makin perih.saya ke dokter yg ke3 disuruh kultur urin dan usg.hasilnya saya kena infeksi jamur kandida krusei krn penggunaan amtibiotik terlalu lama.akhirnya dikasih obat sesuai dng kultur urin micafungin 3 hari.tapi ganjal di area kencing da ga terasa tapi masih perih saat dan setelah pipis sudah 1 bulan masih perih seperti luka yg dibanjur jeruk nipis.saya konsul k dokterny bilang butuh waktu untuk sembuh.saya cek urin bakteri dan ragi sudah negatif.mau tanya butuh berapa lama ya proses betul2 sembuh?cara mempercepat sembuh dari perihnya gimana ya? Terima kasih.

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter

Apakah saat ini masih ada obat yang dikonsumsi?

Rasa perih yang dimaksud ini saat BAK? Atau nyeri perut yang dirasa perih?

Jika ada infeksi jamur, umumnya dengan 3-5 hari apabila gejala ringan; namun jika gejala yang muncul berat dapat membutuhkan waktu 1-2 minggu. 

Setiap orang memiliki proses penyembuhan yang berbeda-beda, tergantung daya tahan tubuh masing-masing orang.

yang bisa dilakukan saat ini adalah tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi, memperbanyak minum air putih, menghindari menahan BAK serta menjaga kebersihan organ vital. Basuh organ vital dengan air bersih dan keringkan secara perlahan. Hindari menggosok atau menggunakan sabun untuk membersihkannya karena bisa meningkatkan risiko iritasi sehingga nyeri saat BAK.

Apabila kondisi tidak membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis urologi untuk mencari tahu penyebab nyerinya secara pasti. 

demikian yang bisa kami sampaikan

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar