Sukses

Ingin Pasang Kawat Gigi Tapi Gigi Berlubang

13 Oct 2021, 21:56 WIB
Wanita, 24 tahun.

Selamat sore, saya ingin menanyakan gigi saya kan berlubang dan saya ingin memasang kawat gigi, gimana ya solusi nya?

Terima kasih sudah bertanya melalui fitur Tanya Dokter,

Sebelum melakukan perawatan orthodontik (behel atau kawat gigi), gigi yang bermasalah harus ditangani terlebih dulu. Gigi yang berlubang memang tidak boleh dibiarkan tanpa perawatan dari dokter gigi, karena hal ini dapat berdampak serius bagi kesehatan gigi itu sendiri dan juga kesehatan tubuh. Perawatan yang diperlukan pada gigi Anda tentu saja baru dapat ditentukan ketika sudah dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. 

Apabila gigi masih dapat ditambal maka akan dilakukan perawatan penambalan, namun bila sudah tidak dapat ditambal atau dilakukan perawatan lainnya maka gigi akan dicabut. Selain itu, adanya karang gigi juga perlu dibersihkan supaya gusinya sehat, gigi yang sudah rusak berat/mati dan tinggal sisa akar harus segera dicabut. Jadi setelah semua gigi rusak diperbaiki, pemasangan kawat gigi dapat dilakukan. 

Perlu kami tekankan, pemasangan kawat gigi tidak bisa dilakukan secara sembarangan, harus sesuai indikasi, dan ada standar operasionalnya. Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter gigi dengan kompetensi di bidang perawatan orthodontik atau dokter gigi spesialis ortho, agar keberhasilan perawatan dapat tercapai.

Baca juga:

6 Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Mengenakan Kawat Gigi

Panduan untuk Anda yang Pakai Kawat Gigi

- Perlukah Gigi Berlubang Dirawat di Dokter Gigi?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar