Sukses

Langsung BAB Setelah Makan

13 Oct 2021, 17:28 WIB
Pria, 21 tahun.

dok kenapa saya habis makan langsung berak ya dan saya sudah pernah operasi usus buntu dan badan saya tidak naik naik padahal saya sering makan dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Buang air besar (BAB) adalah bagian dari sistem pembuangan tubuh, dimana akan dikeluarkan feses atau kotoran yang mengandung sisa pencernaan dari saluran gastrointestinal Anda. Pencernaan akan bermula di mulut saat Anda mengunyah makanan, serta berakhir pada usus besar (bagian bawah saluran pencernaan Anda). Saat makanan yang Anda konsumsi mencapai akhir dari saluran pencernaan, sisa air dan garam akan kembali diserap tubuh, sementara sisanya akan memadat serta keluar tubuh sebagai feses.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi frekuensi BAB seseorang, yaitu pola makan, konsumsi cairan, usia, aktifitas fisik dan penyakit tertentu.

Perlu diketahui, munculnya rasa mulas atau rasa ingin buang air besar setelah makan dapat dikatakan wajar. Dalam kondisi normal, makanan di dalam perut akan menimbulkan rangsangan gerak usus yang dipersepsikan sebagai mulas (gastrokolik). Sensitivitas tiap individu terhadap rangsangan ini pun berbeda-beda, kemungkinan Anda merupakan kelompok individu yang memiliki sensitivitas lebih tinggi terhadap rangsangan ini sehingga lebih rentan merasa mulas dan ingin buang air besar setiap setelah makan.

Tapi Anda juga harus waspada terhadap penyakit yang dapat menyebabkan terjadinya sering BAB, seperti peradangan di perut, intoleransi makanan dan IBS ( irritable bowel syndrome). 

Bila terlalu sering juga sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter agar diketahui penyebab sering BAB setelah makan yang Anda alami.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar