Sukses

Memiliki Penyakit Jantung Bawaan

13 Oct 2021, 15:20 WIB
Pria, 43 tahun.

dok, saja mempunyai penyakit jantung bawaan sejak lahir. berhubung kondisi ekonomi tidak memungkinkan untuk operasi (memang sudah di suruh dokter untuk operasi). yang saja mau tanyakan apakah sampai lanjut usia tidak masalah dengan kondisi saja ini. saja saat ini tidak sesak napas dan kuku tidak biru. trimah kasih sebelumnya.

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Pak, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Penyakit jantung kongenital atau penyakit jantung bawaan adalah gangguan atau kelainan organ jantung saat lahir dan merupakan salah satu penyebab kematian terbesar akibat dari kelainan saat lahir pada tahun pertama kehidupan.

Meskipun kelainan jantung bawaan sudah didapatkan sejak lahir, namun gejala klinis ataupun keluhan dapat timbul dalam waktu beberapa minggu, beberapa bulan, bahkan terkadang baru terdeteksi saat dewasa.

Penyakit jantung bawaan ini memiliki dua kategori, yaitu:

1.Kelainan sianotik. Kelainan sianotik memiliki pengertian bahwa bayi mempunyai gejala klinis biru pada kulit dan membrane mukosa (bibir) yang disebabkan karena peningkatan konsentrasi hemoglobin deoksigenasi (hemoglobin yang tidak mengandung oksigen). Sianosis tersebut terjadi akibat dari aliran darah atau hemoglobin yang miskin akan oksigen mengalir dari bagian kanan jantung ke bagian kiri jantung (right to left shunt) dan mengalir ke seluruh tubuh (akibat dari defek atau kerusakan sekat jantung). Darah yang miskin akan oksigen tidak dapat memenuhi kebutuhan oksigen jaringan sehingga menimbulkan gejala klinis kulit dan membrane yang berwarna kebiruan.

2. Kelainan asianotik yaitu kelainan bawaan pada janin yang tidak menimbulkan keluhan kebiruan. Kelainan asianotik meliputi kelainan yang berasal dari left to right shunt atau aliran darah jantung kiri mengalir ke jantung kanan. Gangguan asianotik diantaranya adalah gangguan intrakardiak (di dalam jantung), stenosis atau regurgitasi katup jantung (katup jantung sulit membuka atau tidak dapat menutup sempurna).

Untuk mengetahui pasti harus tidaknya dilakukan operasi pada Anda, diperlukan berbagai jenis pemeriksaan untuk mengetahui jenis penyakit jantung bawaan yang mana yang Anda derita dan seberapa besar tingkat keparahannya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap memeriksakan diri ke dokter spesialis Jantung untuk mengetahuinya.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar