Sukses

Dampak Negatif Menggugurkan Kandungan

13 Oct 2021, 14:54 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat pagi dok...mau nanya dampak negatif klo kita menggugurkan kandungan apa ya dok?🙏

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Menggugurkan kandungan atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah “abortus” adalah pengakhiran kehamilan sebelum usia 20 minggu kehamilan atau berat bayi kurang dari 500 g (ketika janin belum dapat hidup di luar kandungan). Angka kejadian aborsi meningkat dengan bertambahnya usia dan terdapatnya riwayat aborsi sebelumnya.

Proses abortus dapat berlangsung secara :

-Spontan / alamiah (terjadi secara alami, tanpa tindakan apapun)

-Buatan / sengaja (aborsi yang dilakukan secara sengaja),

-Terapeutik / medis (aborsi yang dilakukan atas indikasi medik karena terdapatnya suatu permasalahan atau komplikasi)

Untuk menggugurkan kandungan harus ada alasan medis yang tepat, alasan tersebut meliputi: ada cacat janin yang tidak dapat disembuhkan dan mengancam nyawa janin, ibu memiliki penyakit dan kondisi kesehatannya terancam dengan kandungan yang dialaminya. Perlu juga diketahui bahwa terdapat risiko dari penguguran kandungan. Ada beberapa efek juga yang dapat muncul dari pengguguran kandungan yang salah seperti kelainan pada organ kelamin wanita,perdarahan, lalu dapat juga terjadi gangguan psikis pada sang Ibu.

Oleh karena itu, tidak boleh sembarangan menggugurkan kandungan tanpa adanya alasan yang jelas terlebih dahulu dari dokter kandungan yang merawat Anda.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar