Sukses

Nyeri bahu

13 Oct 2021, 14:41 WIB
Wanita, 50 tahun.

Lengan bagian bahu saya kalau saya salah gerak pasti sakit/seperti terkilir sehingga tangan saya tidak dapat digerakkan dan sakit sekali. setelah diobati oleh sinshe/ahli patah tulang dengan cara seperti di urut/ditarik perlahan maka akan kembali normal dan sakit pun hilang. tapi hal seperti itu akan terjadi kembali apabila saya salah gerak, yang mau saya tanyakan apa yang harus saya lakukan supaya hal serupa tidak terjadi lagi sebab sakit sekali dan bisa terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu ( bisa tengah malam ). sakit sekali sampai tangan dan badan tidak bisa digerakan. yang mau saya tanyakan apakah ada obat yang dapat saya konsumsi untuk mengatasi hal tersebut agar saya tidak merasakan sakit sekali bila ada salah gerak di waktu tidur malam.... Terimakasih atas perhatian dokter

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebelumnya izinkan saya bertanya, apakah Anda memiliki riwayat trauma atau cedera pada bahu yang nyeri? Apakah Anda melakukan aktivitas menggunakan sendi bahu secara berulang atau sering mengangkat benda berat? Dan adakah kelainan sendi bahu yang terlihat seperti bengkak, kemerahan, dan terasa lebih hangat?

Sulit bagi kami untuk menentukan penyebab nyeri bahu Anda tanpa mewawancara dan memeriksa langsung. Secara umum, nyeri pada bahu bisa disebabkan oleh gangguan pada tulang, sendi, jaringan pengikat seperti tendon dan fasia, otot, dan saraf di sekitarnya. Jika memang sebelumnya Anda memiliki riwayat cedera pada bahu tersebut, kemungkinan saja ada masalah pada sendi atau tulang sekitarnya.

Kami sarankan agar Anda melakukan peregangan otot secara teratur. Bila masih terasa nyeri, dapat Anda lakukan kompres hangat atau menggunakan lampu inframerah agar otot tidak tegang dan aliran darah lebih lancar. Hindari pula aktivitas yang bersifat repetitif, terutama yang membuat siku bergerak di atas bahu.

Kami juga menyarankan agar Anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter spesialis tulang (ortopedi) agar dilakukan pemeriksaan menyeluruh dan mencari penyebab nyeri bahu tersebut.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

 

0 Komentar

Belum ada komentar