Sukses

Sinusitis Pada Anak

13 Oct 2021, 14:24 WIB
Pria, 9 tahun.

Apa betul anak umur segini bisa terkena sinus

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan pada rongga sinus yang terdapat pada wajah, yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat menghambat aliran lendir pada rongga sinus. Sebagai akibatnya, dapat timbul beberapa hal, yaitu:

- Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus

- Kurangnya aliran udara

- Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, yang dapat menjadi media untuk pertumbuhan kuman.

Berdasarkan perkembangan sinus-sinus tersebut, dapat disimpulkan sinusitis dapat terjadi pada anak, sinus mana yang terkena tergantung usia dan penyebabnya. Tersering sinusitis pada anak terbatas pada sinusitis maksilaris. Sinusitis pada anak tersering diakibatkan oleh inflamasi atau infeksi berulang pada saluran napas atas. Sumbatan adenoid dan tonsil tak jarang menjadi sumber masalah dari terjadinya sinusitis ini. 

Yang dapat Anda lakukan adalah memeriksakan anak ke dokter spesialis THT untuk mengetahui penyebab dari sinusitisnya, serta untuk mendapatkan pengobatan dan penanganan yang sesuai.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

 

0 Komentar

Belum ada komentar