Sukses

Efektivitas Postinor

13 Oct 2021, 14:15 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok, pasangan saya meminum postinor2 pil pertama setelah 39-40 jam berhubungan intim, 13 jam kemudian (telat 1 jam yang dianjurkan) meminum pil ke 2. apakah keefektivannya persenanya masih bagus dok? dan apa tanda tanda keberhasilan dari postinor2 itu sendiri?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Postinor memang efektif untuk menghentikan kehamilan bila dikonsumsi kurang atau sama dengan 72 jam setelah berhubungan. Postinor bekerja dengan cara mengentikan proses pemempelan telur ke dinding, atau menghentikan keluarnya telur.

Sebenarnya efek samping dari postinor sangat minimal namun terkadang dapat menyebabkan spotting atau pendarahan coklat sedikit 2 - 3 minggu setelah konsumsi postinor. 

Postinor langsung bekerja saat dikonsumsi, namun sebenarnya lebih efektif sesaat setelah berbuhungan tanpa proteksi. Keefektifan postinor bila dikonsumsi kurang atau sama dengan 72 jam setelah berhubungan adalah 97 - 99%. Dan berkurang fungsinya bila digunakan berulang dalam waktu yang berdekatan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar