Sukses

Menurunkan Berat Badan

13 Oct 2021, 14:10 WIB
Wanita, 57 tahun.

selamat pagi Dok, saya ingin menurunkan berat badan apakah bisa dengan mengkonsumsi obat terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Untuk menurunkan berat badan perlu diperhatikan beberapa hal, yaitu pola makan, pola istirahat dan pola olah raga Anda. Bagaimana dengan pola makan/istirahat/olah raga Anda selama ini? Apakah Anda rutin berolahraga? Berapa lama waktu Anda berolahraga dalam sehari? Seminggu berapa kali Anda berolahraga? Selain mengurangi kabohidrat, apakah Anda sudah menghindari makanan berlemak dan berminyak?

Menurunkan berat badan untuk mencapai berat badan ideal paling baik dilakukan dengan kombinasi diet dan olahraga. Kedua hal itu tersebut tidak dapat dipisahkan. Anda harus tetap melakukan olahraga bersamaan dengan pengaturan makanan. Jika hanya diet saja dan tidak diimbangi dengan olahraga Anda akan cenderung merasa lemas. Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dan diet sehat dengan pola makan gizi seimbang.

Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti plank, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang, tentunya akan ada perubahan pada berat tubuh Anda. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Hilangkan keinginan Anda untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan.

Hindari juga penggunaan obat-obatan penurun berat badan yang dijual di pasaran yang tidak jelas izin BPOM-nya. Obat-obat penurun berat badan tersebut kebanyakan belum melalui uji klinis yang benar, sehingga belum diketahui keefektifitasannya untuk penurunan berat badan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar