Sukses

Tuli Mendadak

13 Oct 2021, 10:50 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat siang dok... Mohon izin bertanya... akhir2 ini saya punya keluhan pada telinga sebelah kanan terasa budek sebelah, terjadi saat setelah bangun tidur secara tiba-tiba dan beum pernah terjadi sebelumnya... saya pikir mungkin karena saya sedang flu biasa.. lalu saya mengkonsumsi obat flu tablet yaitu decolg*n. Lalu.. beberapa hari berikutnya semakin parah budeknya ditambah karena ketika malam hari sebelum tidur saya menangis sampai kepala saya sakit dan jantung saya berdebar-debar, esok paginya benar saja saya telinga kanan saya budek lebih parah. Kemudian setelah itu saya biarkan saja, kemudian sepertinya sudah berangsur sembuh tapi malah sekarang berpindah telinga saya budek sebelah kiri.. dan saya merasakan telinga sebelah kiri rasa ada suara "dub.. dub.. dub.." setiap menjelang tidur sangat terasa sekali dan ketika saya mengetok-ngetok kepala saya terasa sangat bindeng seperti sedang kemasukan air.. kira2 penyebabnya apa ya dok? apa karena stress? atau ada kotoran yang meyumbat di telinga saya? atau karena kebiasaan buruk saya yang suka menghirup aroma wewangian seperti kapur barus, minyak telon, dan pengharum ruangan? Terimakasih sebelumnya...

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya seputar tuli mendadak melalui fitur Tanya Dokter.

Faktor-faktor yang menyebabkan telinga tuli sebelah mendadak sangat bervariasi. Menurut National Institute on Deafness and Other Communication Disorders, beberapa kemungkinan penyebabnya adalah:

Adanya riwayat cedera di bagian kepala.Penyakit infeksi.Penyakit autoimun.Efek samping dari obat-obatan tertentu.Gangguan sirkulasi darah.Adanya tumor, misalnya tumor otak khususnya di bagian yang mengatur kemampuan mendengar.Penuaan.Masalah di telinga bagian dalam, seperti pada penyakit Meniere.AnemiaSebuah penelitian yang dilakukan pada 4004 individu yang mengalami tuli sensorineural mendadak dan 12012 kontrol. Berdasarkan penelitian tersebut hubungan antara tuli sensorineural mendadak dan anemia paling bermakna pada individu yang berusia 44 tahun atau kurang. Pada individu yang berusia 60 tahun atau lebih, kekurangan zat besi tidak terlalu bermakna dalam menimbulkan tuli sensorineural.

Berdasarkan hasil yang ditemukan peneliti menyarakan untuk dilakukannya pemeriksaan status zat besi pada pasien yang mengalami tuli (kehilangan pendengaran) baik yang perlahan maupun mendadak. Sebuah tes darah sederhana dapat dilakukan dan tidak akan memberikan bahaya bagi pasien.

Oleh sebab itu penting sekali untuk menjaga kecukupan zat besi di dalam darah agar tidak jatuh ke dalam kondisi anemia defisiensi zat besi. Zat besi dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu pembentuk sel darah merah. Bila tubuh kekurangan zat besi maka jumlah sel darah merah yang diproduksi tubuh pun dapat tidak mencukupi. Hal tersebut dapat menyebabkan oksigen tidak dapat dibawa ke jaringan sehingga fungsi jaringan-jaringan tubuh terganggu.

Berikut adalah beberapa makanan mengandung zat besi yang dapat dikonsumsi sehari-hari untuk mencegah anemia, 

Unggas (kalkun (turkey), ayam)Kacang-kacangan (kacang polong, kacang panjang, buncis, kacang tanah)IkanDaging (hati merupakan organ mengandung zat besi tertinggi)Kacang kedelaiOatmealSayuran hijau gelap (bayam, dan lain sebagainya).Untuk mengatasi dari tuli yang anda alami, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis THT yang menangani Anda berdasarkan penyebabnya.

Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan bacaan lain Anda.

 

Baca Juga

Penyebab Telinga Tuli Sebelah Secara Tiba-TibaTuli Mendadak Berhubungan dengan Kekurangan Zat Besi  

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar