Sukses

Berbagai Keluhan

05 Oct 2021, 17:08 WIB
Wanita, 38 tahun.

Siang dok, saya mau bertanya, 1. setiap bangun tidur tangan dan kaki kesemutan, 2. Bagaimana cara menghilangkan kerutan disudut mata dan 3. bagimana menghilangkan putih sudut mata antara hidung Terimakasih dok

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter

1. Jari dan telapak tangan maupun kaki yang terasa kaku dan kesemutan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Beberapa hal yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah kekurangan vitamin B, kelemahan saraf tangan (carpal tunnel syndrom), kurang lancarnya aliran darah, kelainan serabut saraf tepi akibat penyakit gula darah, darah tinggi atau kolesterol, dll. Tangan kaki keram dan kaku saat baru bangun tidur dapat disebabkan oleh gangguan aliran darah akibat tangan yang terjepit oleh badan saat anda tidur. Hal ini cukup sering terjadi sehingga kami menyarankan anda untuk memperbaiki posisi tidur. Selain itu cobalah untuk mengkonsumsi vitamin B untuk mengurangi kesemutan. Jika anda masih mengalaminya, periksalah ke dokter agar dokter dapat mewawancarai anda lebih dalam, melakukan pemeriksaan fisik dan memeriksa tekanan darah, kadar kolesterol dan gula darah anda untuk mengetahui penyebab pasti keluhan yang anda alami. Selanjutnya dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi yang anda alami.

2. Mulai timbul kerutan disekitar mata terutama di bawah mata merupana tanda dari proses penuaan. Proses penuaan ini sudah mulai terjadi diatas usia 30 tahun, namun memang pada sebagian orang proses tersebut bisa muncul lebih cepat. Kerutan yang dialami pada usia muda dapat disebabkan oleh faktor genetik atau karena kulit di sekitar mata Anda yang terlalu kering atau penggunaan krim atau kosmetik yang tidak sesuai atau kebiasaan bergadang.

Krim mata tidak menghilangkan tapi hanya memperlambat. Apabila Anda ingin menghilangkan kerutan disekitar mata, Anda dapat melakukan suntikan Botox maupun filler. Kerutan Anda dapat hilang dengan itu, tapi bukan berarti hilang secara permanen tapi suntikan tersebut perlu diulang setiap 4-6 bulan sekali tergantung kebutuhan. Namun prosedur ini dilakukan jika kerutan tersebut memang sudah sangat mengganggu. Cobalah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit ataupun bedah plastik untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi anda.

3. Apakah maksudnya ini selaput putih di sudut mata? 

Kelainan pada mata akan lebih tepat apabila didiagnosa melalui pemeriksaan secara langsung. Namun, jika benar sepalut putih di sudut mata, Kami anggap sebagai kelainan selaput bola mata, dimana terjadi pertumbuhan selaput putih bola mata yang tidak normal, berbentuk segitiga dengan ujung mengarah pada kornea yang disebut pterigium.

Penyebab pterigium sendiri belum diketahui secara pasti tapi diduga karena faktor iritasi dari luar seperti : sinar matahari, panas, debu dan angin. Karena itu untuk mencegah timbulnya pterigium dapat dilakukan dengan cara menghindari paparan sinar matahari (ultraviolet) dengan memakai kacamata hitam, topi atau payung.

Gejala pterygium :

  • Pertumbuhan berwarna putih dengan pembuluh darah yang terlihat/menonjol di sudut mata bagian dalam atau luar.
  • Pterigium dapat terjadi pada satu atau kedua mata
  • Kemerahan pada daerah yang terkena
  • Iritasi
  • Gejala mata kering
  • Kadang kala berair
  • Terasa seperti ada benda asing di dalam mata
  • Penglihatan buram (pada kasus parah pertumbuhan dapat menutupi kornea pusat atau menyebabkan astigmatisme karena tekanan pada permukaan kornea)

Pengobatan tidak diperlukan karena umumnya sering kambuh pada pasien yang masih muda. Jika terjadi iritasi atau peradangan pada mata, dokter akan memberikan obat tetes mata yang mengandung kortikosteroid untuk mengurangi inflamasi. Untuk mengambil atau menghilangkannya memang hanya bisa dilakukan dengan operasi atau pembedahan. Namun umumnya hal ini dilakukan apabila pterigium menyebabkan terjadinya gangguan penglihatan.

Anda tidak perlu terlalu khawatir karena pterigium tidak mengancam nyawa. Apabila Anda tidak mau dioperasi maka untuk mencegah pterigium sering meradang dan kambuh atau menjadi besar, lindungilah mata Anda dari sinar matahari, debu, dan udara kering (paparan AC langsung pada mata) dengan menggunakan kacamata pelindung.

Tentunya terdapat kemungkinan lain dari penyebab keluhan pada mata Anda, diantaranya adalah kelainan yang disebut sebagai pseudopterigium / pterigium palsu dan pinguekula (selaput kuning pada mata). Sayang sekali Kami tidak dapat memberikan kepastian diagnosis yang tentunya didapat setelah melakukan pemeriksaan secara langsung. Untuk itu, Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri kepada dokter spesialis Mata pada pusat pusat pelayanan medis terdekat.

Demikian yang bisa kami sampaikan

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar