Sukses

Minum Paracetamol 15 Tablet, Overdosis?

03 Oct 2021, 10:13 WIB
Wanita, 19 tahun.

Halo dokter, saya tanpa sengaja meminum Paracetamol sebanyak 15 tablet. apa yang harus saya lakukan sekarang? Apakah saya akan mengalami overdosis

Selamat malam, Perkenalkan, saya dr. Dejandra Rasnaya. 

Saya mengerti kekhawatiran dan keluhan yang anda rasakan.

Setelah masuk ke dalam tubuh, parasetamol akan menghasilkan metabolit bernama N-acetyl-p-benzoquinone imine (NAPQI). Dalam kondisi normal, zat ini akan diikat oleh glutathione dan diubah menjadi bentuk nontoksik.

Namun, pada kondisi di mana dosis parasetamol sangat besar, NAPQI akan terakumulasi dalam jumlah berlebih di dalam organ hati. Akibatnya, organ hati akan mengalami kerusakan. untuk itu kami sarankan segera untuk konsultasikan langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut fungsi hati anda,  meskipun tidak muncul gejala.

Kondisi tersebut diistilahkan sebagai keracunan parasetamol. Selain akibat dosis berlebih, risiko terjadinya kondisi kerusakan hati akibat parasetamol juga bisa meningkat berkali-kali lipat jika Anda adalah orang dengan usia tua, telah mengalami penyakit hati sebelumnya, dan kebiasaan minum alkohol.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melalui PlayStore/ Android: https://www.klikdokter.com/download dan untuk App Store  https://app.adjust.com/n01yug7 kapan pun dan di mana pun dengan respon cepat melalui fitur Livechat 24 Jam.

0 Komentar

Belum ada komentar