Sukses

Penyebab Nyeri di Tumit

26 Sep 2021, 20:14 WIB
Pria, 53 tahun.

Selamat pagi menuju siang!, Dokter yang saya hormati dan saya banggakan. pada kesempatan ini saya mau bertanya tentang keluhan istri saya, usia 51 th,berat badan 59 kg. tensi darah 100/70. keluhan yang dirasakan saat ini merasakan sakit di bagian kaki bawah tepatnya di tumit bagian dalam kaki sebelah kiri, terasa sakit sekali ketika hendak berdiri jika setelah duduk atau setelah tidur, tapi tidak kelihatan bengkak. Mohon penjelasan dokter. Demikian pertanyaan saya atas penjelasanya saya sampaikan banyak terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Perlu kami tanyakan sebelumnya, Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan?apakah ada keluhan seperti kesemutan,baal  pada kaki?apakah ada riwayat trauma sebelumnya?apakah sudah pernah coba diobati?jika sudah dengan obat apa dan bagaimana reaksinya?

Telapak kaki yang sering terasa sakit terutama pada bagian tumit dapat didasari oleh berbagai macam kemungkinan penyebab. Untuk mengetahui secara pasti, diperlukan data keluhan yang rinci ditambah dengan pemeriksaan fisik oleh dokter dan jika diperlukan dapat dilakukan pemeriksaan tambahan berupa laboratorium ataupun foto rontgen tulang kaki.

Beberapa kemungkinan yang dapat menjadi penyebab dari tumit yang nyeri tersebut adalah adanya riwayat trauma pada kaki dan pergelangan kaki ataupun adanya gangguan pada metabolisme tubuh yang seringkali  dihubungkan dengan kadar asam urat yang tinggi. Asam urat dalam jumlah normal terdapat dalam tubuh setiap manusia. Nilai normal asam urat berkisar 2.4-6.0 mg/dL (wanita) dan 3.4-7.0 mg/dL (pria), meskipun terdapat sedikit perbedaan antara tiap laboratorium. Jika terdapat peningkatan dari jumlah normal maka disebut asam urat tinggi atau disebut hiperurisemia (medis). Kondisi hiperurisemia ini umumnya tidak memberikan gejala apa-apa, namun jika menetap maka kristal yang terkandung dalam asam urat dapat menyebabkan peradangan pada sendi, batu ginjal ataupun gangguan ginjal.

Untuk itu, sebelum menangani keluhan tersebut, akan lebih baik jika Anda memeriksakan diri langsung kepada dokter untuk kemudian ditindaklanjuti dengan pemeriksaan tambahan jika diperlukan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar