Sukses

Cara Mengatasi Gigi Geraham Berdarah

25 Sep 2021, 20:43 WIB
Wanita, 22 tahun.

bagaimana cara mengatasi gigi geraham atas berdarah dok?

Terimakasih telah bertanya seputar cara mengatasi gigi geraham berdarah melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menjawab pertanyaan, ada beberapa yang perlu kami tanyakan. Bagaimanakah kondisi kesehatan gigi anda? Apakah ada gigi berlubang yang sudah lama dibiarkan? Apa ada daging tumbuh di tengah gigi?

Masalah gigi geraham berdarah, dugaan kami kemungkinan karena ada lubang gigi yang sudah sangat dalam sampai mencapai bagian saraf dan pembuluh darah didalamnya sehingga membuat gigi berdarah. 

Atau gigi berdarah bisa juga disebabkan karena gusinya yang berdarah. Disebabkan oleh menumpuknya karang gigi sehingga terjadi peradangan pada gusi. Kondisi gusi berdarah juga bisa disebabkan karena adanya sisa gigi yang busuk dan sempat mengalami abses atau bernanah yang tidak diobati sehingga saat ditekan bisa mengeluarkan darah.

Kondisi lain yang juga bisa menyebabkannya keluar darah adalah pulpa polip, yaitu semacam daging yang tumbuh dari dalam gigi, mudah berdarah dan terjadi pada gigi yang berlubang dalam, namun tidak pernah dirawat sampai tuntas.

Untuk merawat kondisi gusi yang berdarah sebaiknya segera konsultasikan keadaan anda dengan dokter gigi untuk dicari penyebabnya. Bila diagnosa dokter gigi adalah akibat peradangan gusi maka pertama-tama dokter gigi akan melakukan perawatan scaling, lalu kontrol 1 minggu. Bila masih terdapat darah saat menyikat gigi, dokter gigi akan memeriksa lebih lanjut bagian mana yang masih mengalami radang gusi, kemudian akan melakukan kuret gusi. Radang gusi dapat kambuh kembali dengan mudah, oleh karena itu setelah radang gusi sembuh dan tidak lagi berdarah, jangan lupa untuk melakukan cek up gigi rutin minimal 6 bulan sekali dan menyikat gigi secara teratur dengan Metode Bass, 2 kali sehari, yaitu saat setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Untuk dapat menemukan penyebabnya yang tepat maka konsultasikan ke dokter gigi, setelah itu bisa dilakukan perawatannya.

Baca artikel berikut ini terkait pertanyaan anda :

Kenali Fakta dan Mitos Gusi Berdarah

Mengenal Pulpotomi, Metode Bedah untuk Atasi Polip Pulpa di Gigi

Gusi Berdarah Saat Menyikat Gigi? Waspada Penyakit Ini

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cara mengatasi gigi geraham berdarah, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar