Sukses

Gula Darah yang Aman untuk Cabut Gigi

20 Sep 2021, 11:27 WIB
Wanita, 41 tahun.

kalau gula darah puasa 119 dan gula darah 2 jam 145 boleh dicabut gigi??

Terimakasih telah bertanya tentang gula darah yang aman untuk cabut gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya ada yang ingin saya tanyakan, apakah pemeriksaan tersebut dilakukan di lab atau dengan alat pengecekan gula darah yang dilakukan sendiri di rumah? Apakah Anda pernah didiagnosa diabetes mellitus? Bila tidak, apakah Anda mengalami gejala penyakit DM diantaranya yang paling umum adalah banyak minum, banyak makan, dan banyak buang air kecil? Selain itu, gejala lain pasien DM misalnya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk penyembuhan bila terjadi luka dan perdarahan.

Jika Anda mengalami gejala DM namun belum pernah memeriksakan diri, ada baiknya terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan klinis dan lab yang lebih mendetil. Pasien DM tetap dapat menjalani pencabutan gigi, selama penyakitnya terkontrol dengan mengkonsumsi obat dari dokter dan kadar gula darahnya berada dalam kisaran normal.

Yang dikhawatirkan pada pasien DM tidak terkontrol adalah mengalami komplikasi paska pencabutan, misalnya perdarahan terlalu banyak, infeksi sekunder dan dapat juga mengalami syok. Oleh sebab itu lebih baik diantisipasi agar tindakan pencabutan gigi tetap dapat dilakukan dengan aman.

Jika kondisi gula darah puasa 119 dan gula darah 2 jam 145, untuk pencabutan gigi masih bisa dipertimbangkan apalagi jika manfaatnya lebih besar dibanding risikonya. Dengan catatan pemeriksaan yang digunakan adalah pemeriksaan lab. Jika anda atau dokter gigi anda ragu sebaiknya ditunda dulu pencabutannya sampai gula darah puasanya dibawah 108 mg/dL.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Apakah Pasien Diabetes Boleh Cabut Gigi?

Penyakit Ini Bisa Menjadi Penyebab Sakit Gigi dan Mulut

Dry Socket, Nyeri Hebat Setelah Cabut Gigi

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gula darah yang aman untuk cabut gigi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar