Sukses

Menghilangkan trauma

16 Sep 2021, 02:20 WIB
Wanita, 35 tahun.

tgl 24 aug sy mengalami kejadian yg membuat saya trauma skli, tdk bs tidur dengan tenang selalu kebayang" kejadian dan suara pelakunya, jantung suka berdebar kencang, sesak, telapak tangan jd kaku, lemas dan suka menangis sndri..mohon infonya dok cara menghilangkan trauma saya bagaimana dan yg terjadi dgn saya termasuk penyakit apa y dok?

Terima kasih telah bertanya seputar menghilangkan trauma melalui fitur Tanya Dokter.

Jika dari gejala yang Anda utarakan, mungkin saja anda mengalami PTSD. Post Traumatic Stress Disorder atau PTSD adalah gangguan mental yang dapat terjadi setelah seseorang mengalami kejadian yang traumatis. Misalnya: pelecehan seksual, perang, serangan terorisme ataupun kecelakaan berat.

Tak semua orang yang mengalami kejadian traumatis tersebut akan mengalami Post Traumatic Stress Disorder (PTSD). Namun ada beberapa kejadian yang memberikan kecenderungan akan PTSD –yaitu pelecehan seksual dan kekerasan di masa kanak-kanak.

PTSD memiliki prevalensi seumur hidup –antara 8–10%, dan diikuti dengan ketidakmampuan berfungsi dalam sosial. Dalam situasi perang, prevalensi individu yang mengalami PTSD meningkat hingga 30 persen. Selain itu perempuan memiliki resiko lebih tinggi mengalami PTSD dibandingkan laki-laki. Hal ini disebabkan karena pelecehan seksual lebih banyak dialami oleh wanita.

Pengobatan PTSD dapat dilakukan dengan terapi kognitif dan perilaku . Pengobatan ini akan membantu penderita PTSD untuk menghadapi situasi yang lebih menyeramkan dari yang pernah dialami dengan perlahan.

Manipulasi Pikiran. Lewat terapi ini dokter akan membantu penderita PTSD untuk menganalisis bagian mana dari kejadian tersebut yang membuat mereka cemas. Dokter juga akan membantu penderita PTSD melihat kejadian yang menakutkan tersebut dari sisi yang berbeda. Meskipun hal ini tidak menghilangkan ketakutan penderita PTSD, terapi ini tetap bisa mengurangi rasa takut dan kecemasan.

Desensitisasi. Pengobatan ini lazim digunakan pada penderita fobia. Caranya adalah dengan memaparkan secara perlahan dan bertahan pada objek, situasi ataupun orang yang ditakuti. Hal ini bertujuan untuk proses pembiasaan yang akan membuat pasien PTSD merasa hal tersebut bukan ancaman.

Obat untuk terapi PTSD yang diperlukan adalah obat anti cemas. Pengobatan ini bertujuan untuk menurunkan kecemasan penderita PTSD dan membantu untuk merasa lebih santai.

Antidepresan. Pengobatan ini untuk menurunkan atau memberhentikan gejala dari depresi pada penderita PTSD.

Saran kami, silahkan konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis psikiatri agar segera dkitangani dengan baik.

Berikut kami sertakan artikel lain sebagai bahan lain bacaan Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar