Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Pertumbuhan Penis

16 Sep 2021, 01:40 WIB
Pria, 14 tahun.

Assalamualaikum dok, saya mau nanya, ukuran penis saya itu 10 cm saat sedang ereksi, dan umur saya 14 tahun, apakah masih bisa tumbuh dok? Terimakasih.

Terima kasih telah bertanya seputar pertumbuhan penis melali fitur Tanya Dokter.

Ukuran penis normal pada beberapa etnis dapat berbeda-beda di tiap negara, tergantung dimana anda tinggal dan tumbuh. Secara umum, panjang penis yang normal adalah 7,6 - 10,2 cm (saat lemas/flacid) dan 12,7 - 17,8 cm (saat ereksi). Penis dianggap kecil (abnormal) jika panjangnya kurang dari 7,6 cm saat mengalami ereksi (mikropenis).

Pada mikropenis, hanya ukuran penis yang kecil namun secara genetalialnya normal, penis dan testisnya normal. Penelitian pada Asian Baby menyimpulan bahwa jika ukuran penis lahir  ( 0 – 3 hari ) kurang dari 2,6 cm maka anda harus waspada karena masuk pada mikropenis. Pertumbuhan penis relatif sangat sedikit hingga anak berumur ± 5 tahun.

Tapi ketika mencapai awal pubertas panjang penis rata-rata 6 cm (dalam kondisi flexid). Setelah pubertas barulah 5 tahun kemudian penis ini masuk pada ukuran dewasa. Perubahan ukuran penis dapat terjadi secara cepat. Namun, perubahan ukuran penis berkembang secara sempurna pada usia 18 -21 tahun.

Berikut kami sertakan beberapa artikel lain sebagai bahan lain bacaan Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar