Sukses

Status Gizi Anak

13 Sep 2021, 10:38 WIB
Wanita, 29 tahun.

selamat pagi dok, saya mempunyai anak berusia 2 tahun 6 bulan dengan tinggi badan 82 cm dan berat 13 kg. Apkah itu normal atau termasuk stunting. bagaimana untuk pemenuhan gizinya. makan normal sih dok dan untuk pemberian susu formula saat ini merk b***lac. atau dokter mempunyai saran untuk sufor lain? terima kasih

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Penentuan status gizi pada anak membutuhkan jenis kelamin anak Anda. Apakah anak Anda laki-laki atau perempuan? Status gizi seorang anak ditentukan dengan menggunakan kurva gizi dari WHO (World Heatlh Organization) atau kurva CDC (Centers for Disease Control and Prevention). 

Pengukuran status gizi untuk anak diatas usia 5 tahun dapat menggunakan kurva CDC. Anda dapat melihatnya dari link yang kami berikan dibawah ini:

Kurva gizi 2-20 tahun untuk anak laki-laki: https://www.cdc.gov/growthcharts/data/set1clinical/cj41c021.pdf

Kurva gizi 2-20 tahun untuk anak perempuan: https://www.cdc.gov/growthcharts/data/set1clinical/cj41c022.pdf

Agar status gizi anak tetap sesuai usianya, penuhi kebutuhan nutrisinya dari makanan pokok. Variasikan jenis makanan anak setiap harinya, agar anak tidak mudah bosan. Perhatikan juga jam makan dan jam minum susunya, agar pada saat jam makan anak tidak kekenyangan karena sufor. Untuk susu formula, itu hanya sebagai pelengkap saja. Jadi, susu formula apapun selama anak suka, itu boleh saja. Yang penting, asupan nutrisi utama harus dari makanan pokoknya.

Sebaiknya konsultasikan status gizi anak Anda ke dokter spesialis anak atau spesialis gizi untuk mendapatkan terapi yang paling tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar