Sukses

Cemas Pada Anak

13 Sep 2021, 10:14 WIB
Wanita, 18 tahun.

bagaimanakah pengaruh anxiety terhadap perkembangan mental anak

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebelumnya izinkan saya bertanya, apakah cemas yang Anda maksud ini adalah yang terjadi pada orang tua atau anaknya? Apakah anak Anda memiliki saudara kandung lain atau teman sebayanya yang sering bermain dengannya? Bagaimana kehidupannya sehari-hari, apakah anak Anda hanya berinteraksi dengan Anda dan pasangan atau anak Anda sering bermain di luar dengan teman-teman lainnya?

Jika gangguan cemas terjadi pada orang tua, maka kecemasan orang tua juga akan memengaruhi tumbuh kembang dan kepribadian si Kecil di masa mendatang. Karena, anak biasanya mengikuti perilaku-perilaku apa yang ditunjukkan oleh orangtuanya. Sehingga, gangguan cemas pada orang tua bisa sangat memengaruhi pola asuh anak. 

Orang tua yang demikian juga dapat membentuk kepribadian anak menjadi mudah gugup, tidak mandiri alias manja, insecure atau sebaliknya, terlalu ambisius, terlalu “keras” dengan diri sendiri, serta tidak mengenal kekalahan. Oleh karena itu, gangguan cemas jangan dianggap enteng dan harus ditangani dengan baik. Jika Anda merasa gangguan cemas tersebut sulit diatasi, silahkan berkonsultasi langsung dengan dokter ahli agar mendapatkan terapi yang tepat.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar