Sukses

Dada Sesak dan Perut Terasa Penuh

13 Sep 2021, 10:11 WIB
Pria, 21 tahun.

dada sesak , perut seperti penuh trs tulang rusuk nya sering sakit samaa perut atas pusar juga sakit, kenapa yaa dok

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdr, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Berdasarkan keluhan tersebut, kemungkinan Anda menderita gangguan pada lambung. Gangguan ini bisa saja GERD. GERD (Gastro-esophageal reflux disease) adalah gangguan pada lambung yang mengakibatkan asam lambung naik ke atas sampai ke kerongkongan. 

Gejala GERD adalah perut yang mulas, rasa asam atau pahit di bagian belakang mulut atau tenggorokan, masalah menelan, mual, nyeri dada dari GERD dapat meniru serangan jantung, kembung, begah/sesak, dan banyak lainnya.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menetralkan asam lambung atau dengan mengurangi produksi asam, seperti Antasid, Alginates (alternatif untuk Antasid), PPIs (omeprazole, lansoprazole). Selain itu, kurangilah makanan dan minuman yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti makanan pedas, asem, kopi, rokok, dan alkohol.

Jika keluhan tidak membaik, saya sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat dilakukan evaluasi dan mendapatkan penanganan yang tepat. 

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar