Sukses

Nyeri perut sehabis makan dan minum

10 Sep 2021, 08:06 WIB
Wanita, 39 tahun.

obat yg cocok untuk nyeri perut sehabis minum kopi dan mie instan apa ya dok ?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Ibu

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Mie instan kemungkinan menyebabkan keluhan pada organ cerna terutama lambung. Mie instan mengandung ragi pada proses pembuatannya, dan ragi ini merupakan penyebab bertambahnya gas dalam lambung, sehingga setelah mengonsumsi mie instan perut terasa sebah dan kadang nyeri. Orang yang mengalami keluhan tersebut setelah mengonsumsi mie instan biasanya penderita penyakit maag (gastritis). Di samping itu, mie instan juga mengandung bahan pengawet yang dinamakan tertiary-butyl hydroquinone (TBHQ), terlalu banyak mengonsumsi bahan yang mengandung TBHQ ini akan menyebabkan akumulasi di dalam lambung, dan ternyata jumlah banyak zat tersebut dalam lambung dapat mengiritasi dinding lambung, sehingga dapat memperberat keluhan pada lambung.

Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan asam lambung. Peningkatan asam lambung dapat menimbulkan keluhan berupa nyeri perut (terutama sekitar ulu hati), mual, kembung, muntah, rasa panas di tenggorokan. Jika memang Anda merasa nyeri setelah minum kopi, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut.

Bila benar anda terkena maag maka selain pengobatan oleh dokter maka anda juga harus melakukan perubahan pola hidup. Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah:

Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)

Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.

Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari

Jangan terlambat makan

Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)

Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Namun jika perubahan pola hidup tidak membantu, dapat diberikan obat-obatan seperti proton pump inhibitor (omeprazole, pantoprazol) atau antasida. Tentu obat ini hanya dapat diberikan oleh dokter. Kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Namun sekali lagi, untuk menegakkan diagnosis dan pengobatan diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Jika keluhan dirasakan sangat berat, tidak membaik dengan obat-obatan mungkin diperlukan pemeriksaan penunjang lain, misalnya endoskopi untuk melihat apakah telah terjadi tukak lambung. 

Baca juga

Sering Sakit Perut Usai Minum Kopi, Apa yang Salah?

Suka Kopi, tapi Gampang Sakit Perut? Ini Tipsnya!

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Ibu dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar