Sukses

Sinusitis Pasca Perawatan Saluran Akar Gigi

01 Sep 2021, 00:37 WIB
Wanita, 33 tahun.

sinusitis pasca root canal therapy Halo Dok, sekitar 2 minggu lalu dentist melakukan canal root therapy pada gigi molar kanan bagian atas. Selama operasi, saya merasa kesakitan di daerah hidung dan kata dentistnya cairan irigasi (na hipoklorit) masuk ke maxillary sinus saya. Saya mengalami right facial pain dan hidung kanan saya mengeluarkan cairan bening tp baunya mirip cairan irigasi tsb. Keesokannya, cairan tsb beribah kekuningan dan saya ke dentist lagi. dentis meresepkan antibiotik (amox+clavulanic acid) untuk 10 hari. Semakin hari keadaan saya membaik, no facial pain tapi hidung saya kadang2 masih keluar cairan kuning (konsistensi tetap). Setelah 10 hari kemudian, antibiotik saya selesai tapi cairan tsb masih keluar terutama jika saya membungkuk (ruku' dan sujud). Saya ke dentist lagi tapi disarankan untuk menunggu 10 hari lagi, observasi. Saya mohon opini kedua, apakah cairan yang masih keluar dari hidung ini menandakan sinus saya belum sembuh dan tanpa antibiotik apakah beresiko infeksi? Pada umumnya, berapa lama sinusitis pasca root canal therapy terjadi? atau Dokter ada saran atau rekomendasi lain? Terima kasih Salam

Terimakasih telah bertanya tentang sinusitis pasca perawatan saluran akar gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, maka dugaan kami anda mengalami sinusitis akut akibat cairan irigasi yang masuk ke sinus maksilaris. Sebelumnya kami ingin menjelaskan sedikit mengenai sinusitis akut. 

Biasanya berlangsung selama 4-12 minggu, umumnya bisa diobati dirumah tapi jika lebih dari itu maka bisa berkembang jadi infeksi dan harus konsul ke dokter THT. Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik.

Untuk itu, kami sarankan untuk konsultasi dengan dokter THT untuk  mendapatkan pengobatan antibiotik dan penanganan yang sesuai. 

Untuk membantu mencegah sinusitis anda bisa melakukan beberapa berikut ini:

1. Usahakan jangan membuang ingus atau bersin setidaknya 2 minggu. Hindari hal-hal yang membuat anda bersin.

2. Jangan meludah setidaknya 1 minggu.

3. Jangan merokok. Karena rokok menghambat penyembuhan terutama di sinus.

4. Jika terpaksa bersin, maka lakukan dengan mulut terbuka. 

5. Jangan minum dengan sedotan selama 1 minggu.

6. Hindari olah raga berenang selama 1 bulan, dan angkat beban selama 1 minggu.

7. Kumur dengan air garam hangat selama 1 minggu, dengan gerakan yang pelan.

8. Membersihkan saluran hidung dengan membilas hidung dengan air garam hangat.

9. Tidur dengan kepala diangkat, menggunakan beberapa bantal untuk menopang kepala lebih tinggi.  Gunanya untuk mengurangi jumlah tekanan di sekitar sinus dan ketidaknyamanan dari rasa sakit.

10. Minum obat dekongestan untuk mengurangi pembengkakan dan membantu mengurangi penyumbatan sinus.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

4 Tanda Anda Mengalami Sinusitis

Haruskah Dioperasi Jika Punya Sinusitis

4 Kebiasaan Ini Bisa Memicu Sinusitis

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai sinusitis pasca perawatan saluran akar gigi, semoga bermanfaat.

1 Komentar