Sukses

Gangguan kepribadian?

25 Aug 2021, 10:21 WIB
Wanita, 17 tahun.

Saya ingin mendapat jawaban atas kekhawatiran saya akhir akhir ini. Beberapa tahun terakhir saya sering merasa panik yang berlebihan, suka berbicara sendiri (tapi sering merasa berbicara dengan orang lain) lalu merasa terganggu dengan kepribadian saya saat ini. Namun, akhirnya saya merasa seperti memiliki orang lain dalam dirinya saya, dia memiliki sifat dan gaya sendiri. Awalanya saya kira ini hanya hal biasa agar saya tidak merasa kesepian, terlepas karena saya sendiri merasa tidak memiliki teman yang mampu membuat saya ada. Saya selalu merasa kesepian walaupun bersama teman teman saya yang jumlahnya cukup banyak, diri saya yang lain merasa jika mereka bukan teman saya, namun diri saya sendiri merasa jika mereka teman saya. Waktu itu pernah ada reuni antar teman sekelas semasa SMP, saya hanya berbaur sebisa mungkin, lalu setelah acara selesai karena masih menunggu teman untuk di jemput akhirnnya kami yang masih tersisa menunggu di sana. Ketahuilah jika saya selalu menjauh dari mereka, bukan tanpa sebab namun saya suka menyendiri. Tidak lama setelah itu salah seorang teman sempat membicarakan saya dari jauh, walaupun dengan suara kecil namun saya masih bisa mendengarnya, dia berbicara soal saya yang suka menyendiri, menjauh, dan anti sosial. Untuk diri saya sendiri sedikit merasa tidak enak namun, diri saya yang lain selalu memberikkan semangat agar saya cuek saja. Di waktu yang sama waktu ayah dari teman saya datang sambil membereskan tempat acara, dia sempat menatap aneh kearah saya lalu berceletuk, "Kok kamu kayak khawatir banget? Ada masalah atau gimana?" kata si bapak, aku tersenyum saja, memang sedikit ada kegelisahan jika aku berada di luar rumah, entah kenapa. Nah, di sini aku mau menanyakkan satu hal. Apakah saya menderita gangguan kepribadian atau Alter ego? Karena ssempat baca baca tentang ciri ciri orang yang menderita Alter ego, saya termasuk dalam kriterianya. Tapi saya sendiri belum bisa mengklaim karena masih ragu dan takut jika di anggap menggada ngada soal ini. Jadi saya ingin meminta bantuan dari klik dokter.

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdri

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Sudah berapa lama Anda merasakan keluhan ini? Apakah ada hal-hal yang memicu sebelumnya (misalnya riwayat masa lalu atau saat kecil)? Apakah mempengaruhi hubungan dengan sesama (misalnya jadi sering bertengkar, dsb)?

Untuk memastikan kesehatan jiwa (dan juga diagnosis yang tepat) pada seseorang, dibutuhkan pemeriksaan secara langsung dengan Ahlinya (dokter spesialis jiwa/psikiater). Dokter akan melakukan wawancara medis, sekaligus pemeriksaan penunjang misalnya psikotes atau MMPI. Dengan demikian bisa diketahui kondisi Anda bagaimana. Untuk itu kami sarankan Anda berkonsultasi dengan spesialis kejiwaan atau psikiater terdekat.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdri dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar