Sukses

CT Value pada Pemeriksaan PCR COVID-19

16 Aug 2021, 09:17 WIB
Pria, 25 tahun.

Mau tanya, kmarin sempat positif covid-19 dengan niali CT-20.98 dan sudah isoman selama 2 Minggu trus tes PCR lagi dan hasilnya tetap positif dengan nilai CT-35.56 setelah satu minggu lagi melakukan tes lagi dengan nilai CT-32.94, apakah dari hasil tersebut masih perlu isolasi atau sudah bisa beraktivitas seperti biasa, karena sempat juga baca berita kalau hasil tes PCR mendeteksi bukan hanya virus yg aktif tapi pcr juga mendeteksi virus yg sudah mati.

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Untuk menentukan status kesembuhan seseorang atau apakah orang tersebut berisiko menyebarkan infeksi kepada orang lain di sekitarnya berdasarkan gejala yang dialami. Jika terkena COVID dan tanpa gejala, cukup isolasi mandiri 10 hari. Jika memiliki gejala ringan, isolasi mandiri dapat dilakukan 10 hari ditambah 3 hari bebas gejala.

Setelah isolasi mandiri tidak perlu melakukan pemeriksaan swab kembali selama isolasi sudah dilakukan dengan benar.

Pemeriksaan PCR tidak bisa membedakan partikel virus yang mati dan hidup. Selain itu, nilai CT value hanya mewakili banyaknya virus pada sampel. Tidak mewakili jumlah virus yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu, CT value tidak dapat dijadikan indikator untuk menyatakan seseorang sudah sembuh dari COVID atau belum.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar