Sukses

Serangan Panik

15 Aug 2021, 14:43 WIB
Wanita, 17 tahun.

Halo dok, 2 hari belakangan ini saya merasa selalu panik tanpa sebab apapun setiap sekitar jam setengah 1 malam. Saya memang selalu punya masalah susah tidur semenjak 2020. Tapi sudah membaik, biasanya bisa nyenyak saat dengar adzan Subuh atau paling cepat jam 2 pagi. Tapi akhir akhir ini saya di sekitar jam setengah 1 malam selalu merasa panik tanpa alasan yang jelas. Panik yang saya alami ini selalu diiringi dengan keringatan di area belakang leher, punggung, dan ketiak. Sampai saya harus mengganti baju saya karena basah. Saya juga sedang menjalani DBT dengan psikolog saya namun saya tidak pernah merasakan keluhan ini sama sekali sebelumnya. Saya juga selalu merasakan pusing dan sakit kepala yang hilang timbul di area kening, pelipis, dan belakang kepala (dekat dengan leher). Apakah ini hal serius dan saya harus segera periksa? Atau ini hanya hal yang biasa karena paracetamol yang biasa saya beli di warung sudah tidak mempan lagi untuk menghilangkan peningnya. Terima kasih

Halo

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Ada kemungkinan anda mengalami serangan panik.

Serangan panik bukan merupakan reaksi terhadap suatu stressor. Umumnya serangan ini terjadi begitu saja, tanpa ada pemicu dan tidak bisa diprediksi. Saat serangan panik terjadi, penderitanya mengalami teror, ketakutan yang tak beralasan, dan gelisah. Mereka juga bisa merasa akan mati atau kehilangan kendali terhadap dirinya atau merasa akan serangan jantung. Gejala fisik yang bisa dirasakan yaitu:

  • Nyeri dada
  • Rasa melayang
  • Tangan dan / atau kaki dingin atau berkeringat 
  • Sesak napas 
  • Jantung berdebar-debar 
  • Ketidakmampuan untuk diam dan tenang 
  • Mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki 
  • Mual 
  • Otot tegang 
  • Pusing

Ciri khas orang yang pernah mengalami serangan panik ialah, ia akan khawatir untuk mengalami serangan panik ulangan di masa depan. Ini yang diseput dengan gangguan cemas antisipatif (anticipatory anxiety).

Orang dengan serangan panik juga mulai menghindari tempat-tempat di mana mereka mengalami serangan sebelumnya. 

Kabar baiknya, gangguan ini umum terjadi dan sangat bisa ditangani. Jika anda sudah berkonsultasi dengan psikolog, baik sekali. Jangan lupa untuk menceritakan keluhan yang baru ini, agar dapat turut diterapi.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar