Sukses

Mengatasi Biduran

13 Aug 2021, 10:33 WIB
Pria, 41 tahun.

saya dan istri senin 12.7.2021 sdh menerima vaksin sinovak ke dua, dan selasa sore istri sy mengalami alergi kemerahan diseluruh tubuhnya. Reaksi lain yaitu alergi. Kondisi ini bisa berupa biduran (urtikaria), sempat minum obat anti alergi allerion chiorphenamine maleate 4 mg. tetapi tdk reda juga. sy harus ambil langkah apa ya dokter ? makasih

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Gejala biduran jenis ini bertahan tidak lebih dari enam minggu. Biasanya, obat-obatan yang diberikan untuk mengatasi biduran akutm, obat biduran meliputi:

Antihistamin. Obat ini akan menghentikan gatal dan mengurangi bentol dengan menghambat histamin. Contoh obat ini adalah cetirizine. Sebaiknya wanita hamil tidak mengonsumsi obat ini karena efeknya tidak diketahui.

Kortikosteroid. Obat ini diberikan untuk menghambat kinerja sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa mengurangi biduran yang parah. Contoh obat ini adalah prednisolone. Tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini dalam jangka waktu lama karena dapat menimbulkan efek samping hipertensi, katarak, dan diabetes.

Berikut cara mengatasi biduran dengan meredakan gejala yang dialami:

Jangan menggaruk bentol atau ruam.

Hindari pemakaian sabun yang mengandung bahan kimia keras.

Hindari faktor pemicu seperti minuman berkafein atau obat pereda rasa sakit.

Oleskan krim pelembap atau penyejuk pada area kulit yang terkena biduran.

Demikian, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar