Sukses

Sering Sesak Napas dan Bersin

13 Aug 2021, 10:33 WIB
Pria, 30 tahun.

dok , kondisi tubuh saya cepet lelah. kalau kedinginan batuk bersin dan sesak (engap), tiap pagi bangun bersin2, kena debu bersin2 dan engap, mohon solusi pengobatan dan konsultasi ke spesialis apa?

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e- konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyebab sesak napas sendiri beragam. Sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung). Sesak napas pada malam hari terutama pada golongan usia muda umumnya disebabkan asma yang dicetuskan alergi. Alergi diakibatkan oleh debu, tungau, ataupun dingin. Coba Anda perhatikan kembali, adakah hal spesifik yang mungkin mencetuskan sesak napas pada diri Anda? Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan juga disebabkan faktor lain seperti adanya penyakit pada paru atau jantung.

Untuk mengarahkan diagnosis, dibutuhkan keterangan lebih medalam, seperti :

Apakah Anda membutuhkan bantal tinggi untuk tidur atau terasa sesak bila tidur telentang?Jari-jari Anda atau bibir Anda sering membiru?Anda sering pingsan?Napas Anda berbunyi 'ngik-ngik'?Ada riwayat sakit jantung, asma, atau sakit paru di keluarga Anda?Selain itu, dibutuhkan pemeriksaan fisik langsung untuk memastikan kembali penyebab dari keluhan yang Anda rasakan.

Terkait dengan keluhan sering bersin yang Anda sampaikan, hal tersebut juga bisa disebabkan oleh alergi atau dalam istilah medis disebut rhinitis alergi. Untuk menghindari kekambuhannya, Anda sebaiknya menghindari penyebab misalnya debu, dingin, makanan tertentu, atau aroma- aroma tertentu yang spesifik mencetuskan bersin. Bila Anda tidak yakin apa pencetusnya, Anda dapat melakukan test alergi seperti patch test atau skin prick test yang dapat dilakukan oleh dokter spesialis kulit. 

Untuk mengevaluasi dan memastikan penyebab dari keluhan- keluhan Anda tersebut, kami sarankan memang sebaiknya Anda memeriksakan diri langsung ke dokter agar Anda mendapatkan terapi secara optimal. Untuk keluhan bersin dapat mengunjungi dokter spesialis THT. Untuk sesak dokter spesialis paru.

Semoga keluhan Anda segera dapat tertangani dan selalu sehat ya.

 

0 Komentar

Belum ada komentar