Sukses

Gangguan Pendengaran

13 Aug 2021, 12:27 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat malam dokter, nama saya iyang abdullah umur saya 23 th. Saya mau bertanya tentang pendengaran saya dok, awalnya waktu saya kelas 4SD saya telinga sebelah kiri saya gak bisa mendengar dok,tapi saya tdk menghiraukan karena telinga sebelah kanan masih bisa mendengar dngn normal.. tapi makin kesini saya merasa gak nyaman dok karena telinga sebelah kiri saya bener2 deep,gak bisa mendengar sama sekali.. jadi pertanyaan saya jadi telinga sebelah kiri saya kenapa ya dok? lalu,cara ngobatinnya gimana? apa masih bisa mendengar lagi? Terimakasih dok,selamat malam

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan melalui Klikdokter 

 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Saran kami segera ke dokter THT untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Ada tiga jenis utama dari gangguan pendengaran:

Gangguan pendengaran konduktif terjadi dari masalah di liang telinga. Gendang telinga atau telinga tengah tidak dapat mengirimkan suara secara efektif ke telinga bagian dalam. Masalah ini dapat disebabkan oleh infeksi telinga, tumor, atau benda (seperti penumpukan lilin) di telinga.Kehilangan pendengaran sensorineural seringkali disebabkan oleh kerusakan sel-sel rambut di telinga bagaian dalam. Penyebab potensial lainnya termasuk kerusakan pada saraf atau otak. Jenis gangguan pendengaran sering disebabkan oleh usia-terkait perubahan saraf dan sel-sel sensorik dari telinga bagian dalam.Gangguan pendengaran campuran adalah kombinasi dari gangguan pendengaran konduktif dan sensorineural, yang berarti bahwa mungkin ada kerusakan di telinga luar atau tengah, serta di telinga bagian dalam (koklea) atau saraf pendengaran. Kehilangan pendengaran campuran dapat disebabkan oleh cedera kepala, infeksi kronis, atau kelainan bawaan.Gangguan pendengaran dapat mempengaruhi satu atau kedua telinga. Hal ini dapat terjadi tiba-tiba (akut) atau secara bertahap memburuk dari waktu ke waktu.

Pada pendengaran normal, gelombang suara masuk ke telinga bagian luar Anda. Suara kemudian melakukan perjalanan melalui telinga ke koklea, yang berupa tabung berisi cairan. Saat cairan bergetar, ribuan rambut halus ikut bergerak dan mengubah getaran suara menjadi impuls saraf. Impuls tersebut kemudian dikirim ke otak Anda di mana mereka akan diproses menjadi suara yang dapat Anda kenali.

Gangguan pendengaran terjadi ketika ada masalah dengan struktur telinga yang terlibat dalam proses pendengaran. Setiap kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran berat.

Mengenai kondisi Anda saat ini, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan penunjang (seperti audiografi dan endoskopi telinga) bila diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar