Sukses

Terapi Skizofrenia

11 Aug 2021, 18:02 WIB
Pria, 33 tahun.

Istri saya baru saja dua pekan ini menderita Skizofrenia, apa yang harus kami lakukan untuk merawat dan menyembuhkan dia? Setahu saya ini terkait syaraf/otak, apa terapi berbasis tulang belakang seperti Chiropractic bisa membantu? Apa terapi seperti Hipnoterapi dan Rukyah Syariyah juga membantu?

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Skizofrenia adalah gangguan jiwa psikotik paling lazim dengan ciri hilangnya perasaan afektif atau respons emosional dan menarik diri dari hubungan antarpribadi normal. Sering kali diikuti dengan delusi (waham/keyakinan yang salah) dan halusinasi (persepsi tanpa ada rangsang pancaindra).

Sebagai suatu sindrom, pendekatan skizofrenia harus dilakukan secara holistik dengan melibatkan aspek psikososial, psikodinamik, genetik, farmakologi, dan lain-lain.

Faktor resiko penyakit ini termasuk :

1. Riwayat skizofrenia dalam keluarga

2. Perilaku premorbid yang ditandai dengan kecurigaan, eksentrik, penarikan diri, dan/atau impulsivitas.

3. Stress lingkungan dan sosial ekonomi yang rendah

Pengobatannya terbagi atas psikofarmaka dan psikososial. Psikofarmaka menggunakan obat-obatan anti psikotik (oral ataupun injeksi) sedangkan psikososial adalah terapi perilaku. Pemilihan jenis obat hanya bisa dilakukan oleh dokter jiwa yang merawat sejak awal.

Pengobatan medis secara teratur diperlukan untuk kesembuhan pasien. Namun berdoa kepada Tuhan tetap wajib hukumnya karena Tuhan yang Maha Menyembuhkan. Terapi Chriopactic tidka berhubungan dengan diagnosis skizofrenia, jadi tidak akan memberikan manfaat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar