Sukses

Sering Mengigau

04 Aug 2021, 12:40 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat malam dok, saya kngin bertanya Knp beberapa bulan ini saya sering lagi tidur tiba2 teriak kencang ya dok, sampai suara saya habis. Biasa nya baru pulas tidur, tetiba teriak2 krn takut sepeeti ada yg mau cabut nyawa saya dok. Saya harus gmn ya dok?

dr. Valda Garcia

Dijawab Oleh:

dr. Valda Garcia

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Mengigau adalah hal yang lazim terjadi pada orang dewasa sampai anak-anak. Kebanyakan tidak berbahaya dan merupakan kondisi wajar dan seringkali melibatkan faktor keturunan. Namun, dapat juga berupa suatu gangguan medis yang serius, atau merupakan efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu.

Mengigau dibagi menjadi 3 jenis, yaitu ringan, sedang dan berat. Mengingau dikatakan ringan bila kejadiannya hanya 1 kali dalam seminggu, sedang lebih dari 1 kali, dan berat apabila terjadi setiap hari.

Meski bukan sesuatu yang berbahaya, akan tetapi jika mengigau menganggu waktu istirahat dan mengurangi kualitas tidur, maka hal ini harus segera ditangani. Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Baca Juga

Sering Mengigau? Mungkin Anda Mengidap Penyakit IniSleep Apnea, Gangguan Tidur Penyebab Kebutaan pada Penyandang DiabetesAtasi Gangguan Tidur dengan Konsumsi Magnesium  

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar