Sukses

Demam dan Sesak Nafas

01 Aug 2021, 14:40 WIB
Pria, 1 tahun.

selamat dok, saya ingin konsultasi keadaan saya, saya sudah demam 5 hari, saya rasa napas sesak pada malam hari, dan rasa batuk serta badan ta tikam dan rasa nyeri di kaki tidak bisa jalan dok. mohon bantuannya

Terima kasih telah bertanya tentang demam dan sesak nafas melalui fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Keluhan Anda mengenai demam dan sesak nafas pasti sangat mengganggu Anda. Selama 5 hari ini apakah keadaan makin memburuk? Sudah mengkonsumsi obat apa?Apakah merokok? ada riwayat tekanan darah tinggi? Apakah ada riwayat penyakit tertentu misalnya asma,alergi dll?

Ada banyak penyebab keluhan seperti demam dan sesak nafas, salah satunya adalah infeksi di saluran pernafasan. Sebaiknya diperiksakan ke dokter jika sudah mengganggu aktivitas sehari - hari, terlebih jika sudah lebih dari 3 hari. Sekiranya juga dibutuhkan data dari wawancara medis mendetail dan pemeriksaan fisik. Jika diperlukan mungkin dibutuhkan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah.

Jika sesak hanya malam hari, kemungkinan bisa saja karena adanya alergi atau serangan asma (biasanya karena perubahan suhu udara yang lebih dingin, sehingga mudah  sesak). tetapi sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis paru agar lebih pasti diagnosis dan terapinya. 

Sementara Anda dapat menggunakan obat yang dijual bebas seperti obat paracetamol untuk demam, hindari asap rokok dan hentikan merokok jika merokok. Lakukan posisi proning jika keluhan sesak datang, gunakan bantal yang lebih tinggi untuk bersandar, dan hindari panik.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan, Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar