Sukses

Solusi Gigi Retak akibat Makan Es Batu

29 Jul 2021, 22:23 WIB
Wanita, 18 tahun.

malam dok, saya suka makan es batu dan dalam sehari saya bisa memakan banyak es batu dalam jumlah banyak dan ukurannya bisa dibilang besar, barusan saya cek gigi saya dan ternyata ada satu gigi yg retak ditengah dan bagian belakangnya goyang. Apakah benar gigi saya retak dan apa yg harus saya lakukan? Terimakasih dok.

Terimakasih telah bertanya seputar solusi gigi retak akibat makan es batu melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, tentang kebiasaan makan es batu itu memang bisa membuat gigi retak. Hal ini terjadi karena gigi yang bersifat keras beradu berkali-kali dengan es batu yang juga sifatnya keras (brittle). Sehingga menyebabkan gigi retak atau tooth cracked syndrome.

Jika anda merasa ada gigi retak ditengah dengan bagian belakang yang goyang, namun tidak lepas-lepas. Maka dugaan kami ada bagian yang patah agak dalam di gigi tersebut. Untuk mengatasinya memang perlu pemeriksaan ke dokter gigi.

Jika retaknya masih di lapisan enamel tentunya masih dapat dilakukan penambalan. Jika retak gigi sampai pada lapisan dentin (dibawah enamel) juga masih bisa dilakukan perawatan 'pulp caping' dan penambalan.

Jika gigi retak sampai bagian kamar saraf, maka perlu dilakukan perawatan saraf lalu pembuatan gigi tiruan jenis dental crown. Namun jika gigi retak sampai membelah akar gigi maka sudah tidak bisa lagi dilakukan perawatan sehingga harus dilakukan pencabutan.

Sementara jika gigi mengalami sensitif terhadap perubahan suhu, maka yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti pasta gigi dengan pasta gigi khusus gigi sensitif. Jika rasa ngilu masih belum hilang, bisa ke dokter gigi untuk dilakukan pemberian Fluoride dengan varnish fluoride atau pasta calcium yang mengandung CPP-ACP untuk memberikan perlindungan pada gigi.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai gigi anda yang retak, maka sebaiknya periksakan ke dokter gigi anda, selain itu juga bisa dilakukan pengambilan foto rontgen untuk melihat garis retak gigi anda. Setelah itu dokter gigi akan menentukan rencana perawatan yang sesuai dengan kondisi gigi anda.

Baca artikel terkait pertanyaan anda :

Gigi Retak atau Patah? Ini Cara Menanganinya

- Daftar Makanan yang Bisa Bikin Gigi Anda Retak

- Gigi Sakit dan Ngilu? Mungkin Gigi Anda Retak

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai solusi gigi retak akibat makan es batu, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar