Sukses

Hasil PCR masih positif

28 Jul 2021, 13:25 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok saya dinyatakan positif covid 19 pada tanggal 1 juli 2021. Kemudian saya menjalani isolasi mandiri di rumah. Saya sudah sekitar 1 minggu tidak menemui gejala covid lagi, kemudian saya kemarin test PCR namun hasilnya masih positif dengan CT ORF1ab 34.40 dan CT Gen E 35.84. Pertanyaannya apakah saya masih berpotensi menularkan virus? dan apakah saya sudah boleh selesai isolasi mandiri dan berkegiatan normal? terimakasih dokter.

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Halo Sdr

Saya mengerti keluhan yang disampaikan dan kekhawatiran Anda.     

Pemeriksaan RT-PCR berfungsi untuk mendeteksi materi genetik virus. Namun, pemeriksaan ini tidak dapat membedakan antara virus yang masih hidup dengan yang sudah mati. Dengan begitu, terdapat kemungkinan hasil RT-PCR masih positif meski Anda sudah sembuh, karena yang terdeteksi adalah "bangkai" virus yang tersisa.

Proses penghancuran sisa virus oleh tubuh dapat memakan waktu yang panjang, hingga lebih dari 80 hari. Maka itu, hasil RT-PCR bisa saja masih positif hingga 3 bulan setelah Anda terinfeksi atau bahkan dinyatakan sembuh.

Dengan berkembangnya pedoman dan ilmu mengenai COVID-19, kriteria untuk dinyatakan sembuh dan tidak lagi menularkan penyakit COVID-19 juga berkembang. Hasil pemeriksaan penunjang seperti RT-PCR ataupun tes lainnya harus selalu dikonsultasikan ke dokter dan disesuaikan dengan kondisi klinis pasien.

Untuk pasien tanpa gejala dari pertama kali dinyatakan positif, isolasi mandiri dapat dilakukan selama 10 hari.

Jika terdapat gejala ringan, isolasi dapat dilakukan 10 hari ditambah 3 hari bebas gejala.

Baca juga

Tata Cara Isolasi Mandiri Berdasarkan Aturan Kemenkes

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Usai Isolasi Mandiri

Mengenal Arti CT dalam Test PCR Swab

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.  

Sdr dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7  

Semoga sehat selalu/semoga lekas membaik.

0 Komentar

Belum ada komentar