Sukses

Efek Samping Pengobatan TB (OAT)

27 Jul 2021, 13:53 WIB
Wanita, 65 tahun.

Halo dokter. Saya ingin berkonsultasi terkait kesehatan ibu saya. Ibu saya dengan riwayat Tb Paru dan saat ini konsumsi OAT sudah jalan 2 bulan lebih, ibu minum OAT 3 x 2 tablet dalam seminggu (terjadwal hari selasa, kamis, dan sabtu). Saat ini ibu demam, dialami sejak 2 hari yang lalu, keluhan demam bersamaan dengan sakit kepala berat seperti tertindih, sakit kepala hilang timbul. Keluhan lain nafsu makan menurun, mual muntah dan susah tidur. Apa yang harus saya berikan ke ibu untuk mengatasi keluhannya dokter? Terima kasih.

Terima kasih telah bertanya seputar efek samping obat TB (OAT) melalui Tanya Dokter.

Obat-obat tuberkulosis (TB), terutama Rifampicin memang dapat menimblkan keluhan di saluran cerna seperti mual atau minumlah obat pada malam hari sebelum tidur. Untuk mencegahnya, konsumsilah obat TB sesudah makan. Jika keluhan dirasakan mengganggu, tambahkan obat-obatan untuk lambung golongan PPI seperti omeprazol atau pantoprazol. Jika keluhan tidak juga membaik sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk dicari tahu penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar