Sukses

Nyeri Otot

25 Jul 2021, 10:11 WIB
Pria, 49 tahun.

Saya telah melakukan vaksin gotong royong (sinopharm) di kantor awa Juli, saya tdk mempunyai penyakit bawaan apapun sebelum vaksin, setelah vaksin sampai saat ini saya merasakan berat di dada, saya sdh konsultasikan dg dokter yg dari kimia farma yg melaksanakan vaksin tsb. Menurut dokter tsb : kemungkinan nyeri otot yg menjalar sampai otot dada saja sehingga terasa berat. Yang ingin ditanyakan apakah hal ini permanen atau temporary saja dan bgmn cara menghilangkan rasa berat tsb

Halo

Saya mengerti keluhan yang Anda sampaikan dan saya mengerti kekhawatiran Anda.

Biasanya nyeri otot akan reda sesudah mengistirahatkan bagian tubuh yang terkena. 

Sementara itu, cobalah untuk;

  • Cukup tidur untuk meredakan stress.
  • Lakukan relaksasi, misalnya yoga atau meditasi.Olahraga ringan juga dapat mencegah nyeri otot. Olahraga teratur dapat membantu memperbaiki tonus otot. Jenis olahraga yang dianjurkan ; jalan kaki, bersepeda, dan berenang.
  • Istirahatkan otot selama beberapa jam untuk mempercepat pemulihan.
  • Nyeri otot akibat trauma atau aktivitas berlebihan juga dapat diatasi dengan kompres dingin atau hangat, atau massage (pemijitan) pada otot yang nyeri 24 jam pertama sesudah cedera.
  • Latihan peregangan yang dilakukan sebelum berolahraga dapat membantu mencegah cedera/nyeri otot. Lakukan latihan pemanasan sebelum berolahraga, dan pendinginan setelahnya.
  • Untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang dapat memicu timbulnya kram otot, minumlah cukup cairan sebelum, selama, dan sesudah berolahraga, terutama jika dilakukan selama cuaca panas.
  • Bagi individu yang bekerja dengan posisi sama secara terus-menerus dalam waktu lama, lakukan gerakan peregangan tiap jam untuk mencegah nyeri otot.

Jika keluhan tidak membaik, atau bertambah buruk, anda dapat coba untuk kembali kontrol dan menilai apakah ada penyebab lain sehingga dada terasa berat.

Terima kasih sudah berkonsultasi melalui fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya.

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi KlikDokter kapan pun dan di mana pun dengan men-download aplikasi Klikdokter melakui Play Store/ Android: https://www.klikdokter.com/download-App Store : https://app.adjust.com/n01yug7   

Semoga sehat selalu.

0 Komentar

Belum ada komentar