Sukses

Benjolan di Punggung

25 Jul 2021, 10:47 WIB
Wanita, 27 tahun.

Pak/Bu, ada benjolan dipunggung saya, diawal tumbuh itu kecil, sekarang kenapa makin membesar dan semakin sakit ya bu ? Saya takut untuk memeriksakannya,

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Bu, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sulit bagi kami untuk mengetahui benjolan yang Anda maksud karena tidak melakukan pemeriksaan langsung. Benjolan di punggung biasanya disebabkan oleh lipoma (tumor jinak jaringan lemak) dan kista ateroma (tumor jinak kelenjar keringat). Tapi dalam menghadapi benjolan, kita harus berpikir bahwa itu sesuatu yang berbahaya (tumor ganas) sampai terbukti itu tidak berbahaya, agar penanganannya tidak terlambat (dibiarkan saja).

Bagaimana mengetahui benjolan tersebut berbahaya? Untuk mengetahui dengan jelas apakah benjolan tersebut, diperlukan pemeriksaan secara langsung dengan melihat dan meraba benjolannya. Meskipun demikian, seringkali dengan pemeriksaan fisik pun belum pasti, masih diperlukan pemeriksaan biopsi (mengambil benjolan tersebut dan diperiksa dibawah mikroskop) untuk mengetahui apa benjolan tersebut dan apakah berbahaya. Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter bedah untuk diperiksa secara langsung agar jelas diagnosis dari benjolan tersebut. Bila perlu dilakukan operasi kecil untuk biopsi sekaligus mengangkat benjolan.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar