Sukses

VP Shunt dan Benjolan di Kepala

25 Jul 2021, 07:45 WIB
Wanita, 22 tahun.

Halo dok. Saya wanita berumur 22 tahun. Pada tahun 2016 saya menjalani operasi vp shunt hidrosepalus dan setahun kebelakang saya merasakan bahwa tulang tengkorak saya bergelombang dan tidak rata lalu terdapat tulang yang menonjol berbentuk panjang vertikal yang sangat terasa dan terkadang terasa sakit/pegal. Apakah kondisi saya berkaitan dengan operasi saya? Lalu apakah itu berbahaya?

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Halo Sdri, 

Saya mengerti keluhan dan kekhawatiran yang Anda rasakan.

Pemasangan VP Shunt atau Ventriculoperitoneal shunt adalah tindakan pemasangan alat untuk mengalirkan cairan otak yang menumpuk. Setiap tindakan pembedahan pasti memiliki risiko terjadinya komplikasi. Untuk pemasangan vp shunt komplikasinya bisa berupa:

- Perdarahan di otak

- Pembengkakan otak

- Kerusakan jaringan otak

- Kebocoran cairan otak di bawah kulit

- Infeksi pada otak, kulit, atau alat

Untuk mengetahui penyebab benjolan di kepala Anda, diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter. Bisa saja memang penyebabnya berkaitan dengan VP Shunt atau bisa juga penyebab lain. Kami sarankan Anda berkonsultasi langsung ke dokter bedah yang menangani operasi tersebut untuk dievaluasi ulang.

Terima kasih sudah berkonsultasi di fitur Tanya Dokter. Jangan ragu untuk kembali berkonsultasi jika masih ada keluhan lainnya, ya. 

Anda dapat juga berkonsultasi melalui Aplikasi Klikdokter kapan pun dan di mana pun. 

Semoga Anda sehat selalu. 

0 Komentar

Belum ada komentar