Sukses

Mungkinkah Anak Terinfeksi Covid?

20 Jul 2021, 17:36 WIB
Pria, 27 tahun.

Assalamualaikum dok saya mau tanya, anak saya usia 2 tahun sakit batuk pilek dan demam tinggi, sebelumnya seminggu yang lalu dia sakit batuk pilek disertai sesak nafas namun demam tidak tinggi dan tidak terlalu lama, dan sembuh dalam 2 hari namun masih ada pilek sedikit, 5 hari kemudian (sekarang) batuk lagi dan selalu menangis setiap datang batuk itu, kemudian suhu badan tinggi selama 2 hari, yang saya tanyakan apakah anak saya terinfeksi covid dok? Karena beberapa hari ini tetangga sebelah rumah jg sedang sakit dan itu terjadi di semua anggota keluarganya, apakah bisa saja anak saya tertular dari tetangga karna sering main ke rumah tetangga ya dok? Terima kasih

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter

Sangat mungkin masih bisa tertular infeksi virus covid ya, Bu. Namun, untuk memastikannya sebaiknya bawa si Kecil ke dokter Anak dan melakukan pemeriksaan swab PCR untuk menegakkan diagnosisnya. 

Saat ini, berikan obat perasetamol untuk menurunkan demamnya. Ibu juga bisa melakukan kompres air hangat di lipat tubuh untuk membantu menurunkan suhu badannya. Berikan cairan yang cukup misalnya air putih, jus, maupun susu. Tambahkan multivitamin spt yang mengandung C, D , zink untuk membantu meningkatkan daya tahannya. 

Apabila muncul keluhan sesak nafas, anak lemas, demam tinggi lebih dari 3 hari tidak kunjung turun meski sudah diberikan obat penurun demam, segera ke dokter terdekat atau IGD terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Demikian yang bisa kami sampaikanSalam, 

0 Komentar

Belum ada komentar